Dewan Usulkan Laptop Desa

BENTENG, BE – Aspirasi perangkat desa Kepala Desa dan Sekretaris Desa yang membutuhkan perangkat komputer atau Laptop untuk administasi desa mendapat respon dari DPRD. Anggota Komisi I DPRD, Aprineli, mengusulkan agar setiap desa yang telah memiliki kantor desa, mendapatkan fasilitas kantor desanya berupa Laptop desa.

“Ini sebagai upaya mendukung dan meningkatkan kinerja dan kerapian administrasi pemerintahan desa,” ujar Aprineli.

Diungkapkannya, saat ini sistem administrasi pemerintahan di desa, dinilai belum tertata dengan baik. Untuk itulah dewan menilai disetiap desa perlu diberikan tambahan Laptop untuk menunjang kinerja aparatur pemerintah desa.

“Dengan begitu bila setiap ada keperluan, perangkat desa tinggal membuka arsip digital di laptop. Kemudian untuk membuat proposal atau penyusunan laporan ADD tak perlu lagi ke luar dari desanya,” ungkapnya.

Dengan adanya tambahan laptop tersebut, maka keinginan Pemkab Benteng ingin mendapatkan laporan serta penataan administrasi yang baik, dapat dicapai. “Bagian Pemerintahan jangan hanya menuntut perangkat desa memberikan atau menyampaikan laporan yang baik dan rapi. Namun, fasiltas penunjangnya tak diberikan. Ini yang selama ini sering dikeluhkan para kades,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Lubuk Sini, Saharudin menyambut baik usulan pemberian fasilitas desa berupa laptop tersebut. Hanya saja dia mengharapkan usulan tersebut tak sekedar wacana, namun dapat direalisasikan. “Rencana itu sangat baik dan bagus, namun kami berharap bisa diwujudkan, sehingga kinerja perangkat desa bisa ditingkatkan,” ujar Saharudin.(111)