Dewan Tak Ikut Campur Seleksi Direktur PDAM

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dalam pelaksanaan seleksi Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong yang saat ini tengah berlangsung, DPRD Rejang Lebong tidak ambil bagian dalam proses seleksi tersebut.

“Memang dalam pelaksanaan seleksi Direktur PDAM Tirta Dharma ini kita tidak dilibatkan,” terang Anggota DPRD Rejang Lebong dari komisi II, Wahono, SP.

Menurut Wahono, tidak dilibatkannya DPRD Rejang Lebong dalam seleksi Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong, karena memang dalam Perda Kabupaten Rejang Lebong mengenai seleksi Direktur PDAM pihak DPRD Rejang Lebong tidak dilibatkan. Berbeda dengan seleksi Direktur BUMD Rena Skalawi, dimana didalam Perda Kabupaten Rejang Lebong, DPRD Rejang Lebong dilibatkan dalam fit and proper test untuk Direktur BUMD Rena Skalawi.

“Dalam rekruitmen Direktur PDAM ini, tidak ada fit and proper test di DPRD Rejang Lebong, karena dalam pasal yang ada di dalam Perdanya sudah dihapus,” tambah Wanoho.

Pasal terkait dengan fit and proper test direktur PDAM tersebut, menurut Wahono berdasarkan pengakuan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dihapus saat adanya evaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri.

Karena tidak memiliki ruang dalam seleksi Direktur PDAM Tirta Dharma tersebut, maka menurut Wahono pihaknya tidak bisa berbuat banyak dalam proses rekruitmen Direktur PDAM ini. Namun menurut Wahono, setelah nanti didapatkan Direktur PDAM Tirta Dharma, maka pihaknya akan langsung melakukan hearing untuk melihat program Direktur PDAM Tirta Dharma yang baru.

“Siapapun yang menjadi Direktur PDAM, kita berharap bisa memberikan yang terbaik untuk layanan air bersih di Kabupaten Rejang Lebong ini,” harap Wahono.

Senada dengan Wahono, Wakil Ketua II DPRD Rejang Lebong, Surya, ST juga berharap agar Direktur PDAM Tirta Dharma yang baru nanti bisa membawa PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong menjadi lebih baik lagi.

Terlebih lagi menurut Surya, Kabupaten Rejang Lebong telah dianugerahi tuhan sumber mata air yang melimpah, sehingga manajemen PDAM Tirta Dharma tidak sibuk mencari sumber baku air bersih.

“Saat ini sumber air baku kita sudah layak konsumsi, jangan sampai saat sampai dirumah warga justru tidak layak konsumsi,” harap Surya.

Menurut Surya, PDAM Tirta Dharma kedepanya harus banyak belajar dari PDAM dikota-kota besar yang mampu mengelola air tak layak konsumsi menjadi layak konsumsi. Sehingga kebutuhan akan air bersih masyarakat Rejang Lebong kedepanya bisa terpenuhi dengan baik. (251)