Dewan Soroti Pembangunan Bengkulu Outer Ring Road

Foto IST/ BE – Jembatan Elevated di jalur Bengkulu Outer Ringroad yang akan menghubungkan Air Sebakul hingga Simpang Nakau Kota Bengkulu.

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Anggota komisi lll DPRD Provinsi Bengkulu menyorot pembangunan lanjutan Bengkulu Outer Ring Road (BORR) dari Simpang 4 Nakau menuju Air Sebakul.

Pasalnya hingga saat ini belum kunjung terlihat adanya tanda-tanda jika pembangunan lanjutan bakal dilakukan, terutama pada bagian jembatan elevated yang pengerjaannya belum rampung.

“Pembangunan BORR itu merupakan tanggungjawab Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dengan anggaran bersumber dari APBN. Berdasarkan hearing terakhir dengan pihak BPJN, tahun ini ada alokasi anggaran untuk pembangunan lanjutan itu,” kata anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, H. Yurman Hamedi, S.Ip, Jumat (28/5).

Namun kata Yurman, sampai dengan saat ini belum terlihat tanda-tanda bakal dilanjutkan pembangunannya, terutama pada bagian jembatan elevated. Padahal BORR itu sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

“Karena nantinya untuk dilalui pengangkutan barang dan komoditi yang dimiliki daerah kita menuju pelabuhan Pulau Baai,” ungkapnya.

Menurutnya, harapan masyarakat agar BORR dibangun, sejak tahun 2000 lalu. Dahulu sempat terkendala izin pemakaian kawasan, karena BORR membelah kawasan Cagar Alam (CA) Danau Dendam Tak Sudah (DDTS).

“Tetapi izin pemakaian kawasan tidak menjadi permasalahan. Tinggal lagi keseriusan Kementerian PUPR melalui BPJN melanjutkan pembangunannya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya mempertanyakan kenapa BPJN belum kunjung melanjutkan pembangunan jembatan elevated yang menghubungkan BORR. Padahal anggaran sudah ada, apa mungkin kena refocusing.

“Seandainya kena refocusing harus diberiahu ke publik. Yang jelas terkait masalah ini jika ada waktu dan kesempatan, kita agendakan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Mengingat BORR sangat vital perannya,” singkatnya.

Diketahui, Bengkulu Outer Ring Road tersebut memiliki ruas jalan dengan panjang 5,8 KM. Dari total panjang itu, yang masuk kawasan CA DDTS sepanjang 2,3 KM.

Pada tahun 2019, pembangunannya terdapat 2 item pekerjaan, yakni jembatan elevated sepanjang 600 meter yang pengerjaannya belum rampung dan rekontruksi jalan sepanjang 3,7 KM. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*