Dewan Sorot Mobil Puskesmas Sering Dipakai Pribadi Petugas

KARANG TINGGI, BE- Dewan kembali menyoroti penyalahgunaan pemakaian mobil dinas (Mobnas) Puskesmas oleh Petugas Puskesmas. Dari pengaduan masyarakat yang masuk ke dewan, Mobnas ini banyak digunakan untuk kepentingan pribadi Petugas Puskesmas, bukannya digunakan untuk melayani kesehatan masyarakat.

Ketua Komisi I DPRD Benteng Ihsan Fajri menjelaskan hasil pengamatan di lapangan, banyak mobil puskesmas tidak tepat sasaran.Pemakainnya tak sesuai Standar Operasional Prosedure (SOP). “Mobil operasional harus tepat guna, bukan untuk dipakai jalan-jalan atau apalah. Makanya, dinas terkait tentu harus proaktif mengontrolnya,” kata Ihsan.
Seharusnya pemanfaatan Puskling itu kata Ihsan Fajri untuk mengantar pasien hingga ke rumah sakit di Kota Bengkulu, ketika ada rujukan.

Terpisah, Kadinkes Benteng I Putu Sura Artika mengungkapkan, tidak akan memberikan keringanan pada Kepala Puskesmas yang terbukti menyalahgunakan mobil operasional Puskesmas itu. Bahkan ia mengancam menarik mobil itu tanpa syarat. “Kalau benar terbukti memang begitu, tentu akan kita tarik. Kita respon positif teguran dan penegasan pihak legislatif. Saya sendiri mengingatkan kepala puskesmas memakai mobnas tepat sasaran,” tutur Putu.

Putu mengingatkan Dinas kesehatan harus meningkatkan pelayanan pada masyarakat, dengan standar mutu dan optimalisasi. Jangan sampai terjadi kekeliruan dan keluhan dari masyarakat. “Kalau pelayanan saja buruk, bagaimana mau mencapai standar pelayanan baik, kalau kita tidak ada niat memberikan pelayanan prima pada masyarakat,” imbuh Putu.(**)