Dewan Seluma Awasi Indomaret dan Alfamart

TAIS, bengkuluekspress.com – Gerai waralaba di Kabupaten Seluma saat ini sudah dan akan terus menjamur. Bahkan sudah merambah hingga ke pelosok di Kecamatan Seluma Selatan yang mengancam keberadaan warung-warung milik masyarakat, yang izin begitu gampang dikeluarkan. Sehingga keberadaannya harus diawasi untuk ketersediaan prodak lokal dan UMKM dan UKM serta IKM.

“Kesepakatannya, pihak Indomaret dan Alfamart ini menyediakan space 20 persen untuk tempat produk UKM/IKM. Jadi kita benar akan awasi ini,” tegas Ketua DPRD Seluma, Nofi Eriyan Andesca, SSos kepada wartawan.

Ditegaskan, jika kesepakatan yang sudah di ambil oleh Pemda Seluma gerai waralaba Indomaret dan Alfamart ada kesepakatan yang terjalin, sebelum gerai tersebut beroperasi menjalankan usahanya. Namun, kesepakatan inilah yang sama sama harus kita awasi. Mengingat sedari awal keberadaan waralaba ini sudah menimbulkan polemik. Bahkan Pemda sendiri yang menutup.

“Yang menjadi pertanyaan DPRD adalah kenapa dari awal begitu menggebu-gebu dan akhirnya di ambil kesepakatan,” tegasnya.

Ditambahkan, DPRD akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) untuk melakukan pengawasan ini. Seluruh gerai Indomaret dan Alfamart akan didatangi, memastikan adanya space pemasaran produk UKM/IKM ini.

“Yang namanya kesepakatan harus dilaksanakan. Jadi kami mau lihat nanti, semua gerai Indomaret dan Alfamart memasarkan produk UKM/IKM ini,” tegasnya.

Jika saat Sidak nantinya ada yang melanggar ujar Nofi, maka pihaknya akan memberikan rekomendasi kepada dinas terkait untuk menindaklanjutinya. Karena telah melanggar kesepakatan yang telah terjalin.

“Kita di Kabupaten Seluma ini telah ada produk UKM yang telah bersertifikasi halal. Jadi ini bisa dipasarkan di Indomaret dan Alfamart. Sesuai dengan space yang telah disiapkan,” pungkasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*