Dewan RL ke Jawa, Dewan Kerinci ke RL

CURUP, BE – Jika 30 anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong lebih memilih Bali, Surabaya serta Magelang sebagai daerah kunjungan kerja komisi. Berbeda halnya dengan anggota DPRD Kabupaten Kerinci yang lebih memilih Kabupaten Rejang Lebong sebagai daerah tujuan kunjungan kerja komisi pada masa sidang III.

Selama beberapa hari, 16 orang rombongan anggota dewan dan satuan kerja dan perangkat daerah (SKPD) melakukan agenda saling bertukar informasi program, kebijakan dan pembangunan dengan pemerintah kabupaten RL. Pantauan wartawan, sekitar pukul 09.00 WIB kemarin, wakil rakyat dan SKPD asal Kerinci menggelar pertemuan dengan sejumlah SKPD yang ada di Pemkab RL di ruang pola Setda RL.  Hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah kepala SKPD terkait, Sekda RL Drs Sudirman, Asisten III Makhran, SP dan staf ahli bupati.

Ketua Rombongan Saptoni S.Pd dikonfirmasi wartawan menerangkan, pihaknya memilih Kabupaten RL sebagai daerah kunjungan kerja komisi pada masa sidang III, karena menganggap RL lebih maju dalam bidang pembangunan dan ekonomi, serta memiliki kesamaan potensi daerah, budaya dan kegiatan ekonomi masyarakat yang baik untuk dicontoh dan diterapkan di kabupaten Kerinci. “Kita tidak naik pesawat ke RL, cukup menggunakan bus dinas milik Pemkab Kerinci, karena RL bisa dijangkau beberapa jam,” terangnya.

Dijelaskan Saptoni, beberapa anggota dewan dan SKPD di Komisi I juga melakukan kunjungan kerja ke Pekan Baru Riau untuk bidang pendidikan, sedangkan Komisi III melakukan kunjungan kerja komisi ke Kepulauan Riau. “Kami sangat jarang melakukan kunjungan kerja ke Bali atau pulau Jawa, masih di seputaran pulau Sumatera karena miliki dipandang lebih bisa dijangkau dan memiliki kegiatan pembangunan, kemiripan budaya masyarakat dan potensi lainnya untuk bisa saling mengisi informasi,” katanya.

Selain melakukan pertemuan dengan Pemkab RL untuk bertukar informasi, rombongan kunker DPRD kabupaten Kerincu juga meninjau langsung beberapa kegiatan pembangunan ekonomi, kegiatan pertanian dan peternakan yang dilakukan pemkab RL. “Kalau tidak mengunjungi langsung, rasanya tidak puas. Makanya kami melakukan kunjungan langsung ke lapangan,” katanya.

Sementara itu, Sekda RL mewakili pemerintah menyampaikan sambutan cukup baik atas kunjungan rombongan wakil rakyat dari DPRD Kerinci tersebut. “Dengan kunjungan mereka ke RL, Kita tidak hanya bisa tau keunggulan kabupaten Kerinci, namun bisa bertukar informasi terkait pembanguan di daera masing-masing,” terangnya. (999)