Dewan Provinsi Desak OPD Segera Realisasikan APBDP

Samsu Amanah

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu didesak untuk segera merealisasikan APBD Perubahan tahun ini, yang pembahasannya sudah dilakukan. Desakan tersebut disampaikan Waka I DPRD Provinsi, Samsu Amanah, S.Sos, Kamis (17/10).

“Pembahasan guna menindaklanjuti hasil evaluasi dan verifikasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap APBD Perubahan sudah kita lakukan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Jadi tidak ada alasan lagi menunda realisasinya,” kata Samsu kepada Bengkuluekspress.com di Kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Kamis (17/10).

Dilanjutkan politisi Golkar itu, waktu yang tersisa dalam tahun ini tinggal beberapa bulan lagi. Kalau ditunda, dikhawatirkan nantinya malah tidak bisa dikejar lagi kegiatan yang anggarannya sudah ada.

“Melihat waktu yang ada, palingan sekitar 2 bulan efektif lagi untuk merealisasikan APBD Perubahan. Jadi harus benar-benar digenjot realisasinya,” tegas Samsu.

Menurutnya, dalam pembahasan APBD Perubahan pasca evaluasi Kemendagri, ada beberapa poin yang dibahas. Salah satunya pengalihan dana hibah untuk Rumah Sakit Harapan dan Do’a (HD) Kota Bengkulu sekitar Rp 10 miliar.

“Rp 9,5 miliar untuk dana bagi hasil pajak daerah pada 10 kabupaten/kota, dan Rp 500 juta hibah ke Bawaslu,” ujarnya.

Ditambahkan pria asal kaur itu, hanya itu yang bersifat urgen. Tapi karena pembahasannya sudah rampung, tinggal lagi bagaimana OPD-OPD dapat mengejar realisasinya tepat waktu.

“Sehingga nantinya kegiatan yang anggarannya dialokasikan dalam APBD Perubahan, tidak bermasalah dikemudian hari,” tutup Samsu. (HBN)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*