Dewan Pertanyakan Capaian Kinerja OPD Seluma

Catatan strategis DPRD Seluma atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Seluma Tahun Anggaran 2020.

TAIS, bengkuluekspress.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma menggelar rapat paripurna, dengan agenda catatan strategis DPRD Seluma tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Seluma Tahun Anggaran 2020, pada Selasa (20/4), pukul 10.30 WIB. Namun dalam paripurna itu DPRD Seluma sendiri mempertanyakan pencapaian kinerja dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Seluma.

“Laporannya realisasinya sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Padahal, satu tahun belakangan Covid-19 dan terjadinya Refocusing anggaran. Masa bisa sama, anggaran saja banyak pemangkasan? Apakah mungkin itu,” tanya juru bicara DPRD Seluma, Tenno Heika, SSos MM kepada BE, kemarin.

Ditegaskan, catatan strategis DPRD Seluma tentang LKPj Bupati Seluma 2020, bahwa LKPj tersebut terkesan seperti copy paste. Dengan adanya catatan stretegis ini, dapat dijadikan tolok ukur bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma untuk menuju Seluma Alap.

Tenno juga menyoroti laporan di Sekretariat Daerah (Setda), khususnya Bagian Tapem dan Bagian Hukum.

“Di dua bagian ini laporannya selalu 90 persen. Padahal kita ketahui banyak sekali persoalan. Di bagian Tapem soal aset dan HGU. Sementara di Bagian Hukum soal banyak produk hukum yang belum maksimal,” keluhnya.

Untuk OPD, Tenno mengkritik Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang terkesan carut-marut, khususnya soal pelantikan perangkat desa yang hingga saat ini sampai ke proses hukum.

“Khusus untuk perizinan kami minta bupati tegas. Kita tidak menghalangi investasi, tapi persyaratan harus lengkap. Jangan berusaha dulu baru mengurus ini,” sampai Tenno.

Sementara itu Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada DPRD Kabupaten Seluma atas telah disampaikannya catatan strategis DPRD Seluma terhadap APBD 2020.

“Terima kasih dan apresiasi kami sampaikan. Catatan-catatan strategis ini akan menjadi acuan kami, untuk berbenah, mewujudkan Seluma Alap yang kita idamkan,” pungkas Erwin.

Di akhir rapat paripurna dilakukan penandatanganan catatan strategis DPRD Seluma oleh ketua dan unsur pimpinan DPRD Seluma. Usai ditandatangi, catatan strategis tersebut langsung diserahkan ke Bupati Seluma oleh Ketua DPRD Seluma, Nofi Eriyan Andesca. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*