Dewan: Perbaikan Lampu Jalan Harus Dipercepat

MEDI/Bengkulu Ekspress Petugas Dishub Kota saat memperbaki lampu jalan di kawasan Sawah Lebar, kemarin (11/7).
MEDI/Bengkulu Ekspress Petugas Dishub Kota saat memperbaki lampu jalan di kawasan Sawah Lebar, kemarin (11/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Komisi II DPRD Kota Bengkulu mendesak agar Dinas Perhubungan (Dishub) segera merespon keluhan masyarakat terkait banyaknya lampu jalan yang rusak. Pasalnya, sudah banyak lampu jalan yang tidak menyala. Tidak hanya di jalur-jalur protokoler saja, namun hampir di setiap gang pemukiman warga juga rusak sehingga rawan terjadi tindak kriminal.

Anggota Komisi II DPRD kota, Heri Ifzan SE mengaku, dalam APBD 2017 dewan telah mengakomodir anggaran yang diusulkan pihak Dishub terutama untuk dana perbaikan lampu jalan tersebut. Untuk itu, ia mendesak agar pihak Dishub dapat bekerja serius dan cepat agar warga tidak dikhawatirkan dengan kegelapan disetiap sudut kota ketika malam hari.

“Pada kenyataannya sekarang masih ada beberapa bagian lampu-lampu di Kota Bengkulu ini yang mati. Atau kemungkinan besar tendernya belum diselesaikan. Jangan sampai ditunda-tunda lagi, dan jangan sampai serapan anggaran itu tidak maksimal,” kata Heri, kemarin (11/7).

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Bengkulu, Drs Bardin menjelaskan bahwa hampir 90 persen lampu jalan di Kota Bengkulu ini memang mengalami kerusakan atau mati. Sembari menunggu proses tender proyek, sejak beberapa bulan yang lalu pihaknya telah melakukan perbaikan sementara. Mulai dari jalur Bandara sampai ke kawasan Pintu Batu.

“Sesuai dengan program Bengkuluku Terang, semua akan kita perbaiki. Tapi karena personel kita terbatas maka kita lakukan secara bertahap. Dan sekarang sudah mulai kita hidupkan lampu jalan yang masih bisa kita hidupkan seperti di jalur protokol,” ungkap Bardin.

Dari hasil surveinya, kerusakan lampu jalan ini adalah masalah kabel. Selain mengalami korsleting, banyak juga yang hilang dibobol oleh oknum tak bertanggung jawab. Maka dengan anggaran yang ada, pihaknya melakukan perbaikan sementara agar masyarakat tetap merasa aman.

“Personel kita saat ini sudah turun setiap hari melakukan kegiatan memasang lampu jalan. Dan seluruh perumahan akan kita pasang juga agar terang perumahan warga itu, tapi tunggu pengumuman lelang proyek dulu akhir bulan ini,” pungkasnya. (805)