Dewan Minta Usulkan Alih Status CA

cagar alam

TAIS, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Seluma, dituntut peduli akan lingkungan. Termasuk secara cepat mengusulkan pengalihan status kawasan cagar Alam (CA) kawasan pesisir Pantai Pasar Seluma dan Pasar Talo, menjadi kawasan Wisata Alam (TWA). Dengan begitu lingkungan pesisir bisa dimanfaatkan masyarakat desa.

“Dalam koordinasi dengan Kementerian Kehutanan (Kemenhut) sebelumnya pengalihan status ini sudah disampaikan dan bisa saja dilakukan, namun usulan kita hanya dipandang sebelah mata oleh pemda Seluma,” tegas Ketua DPRD Seluma Tenno Heika SSos kepada Bengkulu Ekspress.

Disampaikannya, pengalihan status tersebut sudah sangat pantas dilakukan. Pasalnya, seperti di kawasan Pasar Seluma. Bangunan yang sudah dibangun melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Seluma, agar bisa dimanfaatkan kembali. Bukan seperti yang terjadi saat ini. Hancur dimakan usia tanpa ada kejelasan. Pasalnya, di kawasan tersebut sangat potensial menjadi kawasan wisata.

“Ini juga sebagai bentuk mengembangkan pariwisata kita dan jelas ini akan menghasilkan PAD dari sektor parkir dan hiburan,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma Irihadi MSi kepada Bengkulu Ekspress menuturkan, menyambut baik pengalihan status kawasan pantai Pasar Seluma dan Pasar Talo tersebut. Hanya saja, terlebih dahulu perlu memanggil instansi terkait. Termasuk membahas pengalihan status tersebut. “Itu hal yang baik dan saya akan berkoordinasi dengan instansi membidangi hal itu,” pungkasnya. (333)