Dewan Minta Mobil Operasional Komisi

Ketua Komisi II, Sutan Ismail SIKom

BENTENG, bengkuluekspress.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) menfasilitasi tersedianya mobil operasional khusus untuk setiap Komisi di DPRD Benteng.

Ketua Komisi II DPRD Benteng, Sutan Ismail SIKom menegaskan, kendaraan operasional tersebut merupakan fasilitas pendukung yang bisa diberdayakan oleh dewan untuk berbagai kepentingan. Seperti berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melakukan inspeksi mendadak (sidak), kunjungan kerja (kunker) dalam daerah ataupun kegiatan lainnya.

“Menurut saya, kendaraan operasional untuk setiap komisi mesti tersedia,” tegas Sutan.

Menyikapi hal ini, Sutan berharap agar Pemda melalui OPD teknis bisa mempertimbangkan penyediaan kendaraan tersebut. Terlebih lagi, kendaraan dinas milik Pemda Benteng juga terbilang cukup. Sebagai gambaran, selama ini setiap dewan diberikan pinjam pakai mobil dinas untuk operasional mereka. Karena anggaran untuk tunjangan operasional, 25 unit kendaraan dinas plat merah tersebut dikembalikan ke Pemda Benteng.

“Ini harus dipertimbangkan. Kegunaannya juga bukan untuk kepentingan pribadi anggota dewan. Akan tetapi, untuk keperluan komisi,” tambahnya.

Selama ini, kata dia, setiap komisi terpaksa menggunakan kendaraan pribadi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka. Hal ini terbilang wajar dikarenakan sudah ada anggaran yang disiapkan untuk operasional dewan. Apalagi, hal itu untuk kepentingan menjemput aspirasi masyarakat di masing-masing daerah pemilihan (Dapil). “Jika untuk kegiatan yang sifatnya pribadi atau untuk kepentingan anggota dewan, wajar jika menggunakan mobil pribadi. Akan tetapi, jika membawa nama komisi, sebaiknya ada kendaraan khusus. Selain itu, kendaraan tersebut diharapkan dapat memupuk kekompakan antar anggota dewan,” pungkasnya.(135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*