Dewan Minta Dinsos Segera Update Data Warga Penerima Bansos

FOTO IMAN/ BE – Komisi I DPRD Kota Bengkulu saat mendatangi kantor Dinas Sosial, Selasa (10/08).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Selain dampak kesehatan yang dialami masyarakat akibat pandemi Covid-19, dampak sosial dan ekonomi pun muncul dialami oleh masyarakat. Menanggapi hal tersebut Komisi I DPRD Kota Bengkulu pun bergerak dengan mendatangi Dinas Sosial untuk mempertanyakan pergerakan yang dilakukan oleh Dinsos selama ini.

DPRD pun juga menyoroti data warga miskin penerima bansos yang masih banyak terjadi kesalahan. Untuk itu, Dinsos diminta bekerja ekstra untuk mengupdate data warga miskin yang masih belum mendapat bantuan sosial seperti PKH dan bantuan-bantuan sosial lainnya.

“Fakta dari dampak Covid-19 ini yaitu bertambahnya warga miskin. Ada yang dulunya mampu sekarang jatuh miskin akibat Covid-19. Untuk itu kita pertanyakan apa kerja-kerja sosial yang dilakukan Dinsos. Data-data inilah yang harus di perbarui. Kita minta Dinsos tidak ragu-ragu dan transparan untuk bicara bahwa fakta inilah yang terjadi,” jelas ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain, Selasa (10/08).

Pihaknya meminta Dinas Sosial mengajukan anggaran untuk memberikan bantuan sosial kepada warga yang tak terdata sebagai penerima bansos. Dinsos pun diminta tak hanya menganggarkan untuk bantuan beras saja namun dibarengi dengan kebutuhan pendamping seperti telur, susu dan bahan pangan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, Rosminiarty mengungkapkan jika pihaknya sudah menjalankan program-program sosial. Pihaknya mengaku sudah menyalurkan bantuan PPKM ke masyarakat PKH dan BPNT yang sudah disalurkan pada tahap pertama.

“Dewan mensuport apa yang akan kita laksanakan demi masyarakat terutama masalah bantuan masyarakat miskin maupun masyarakat miskin yang belum pernah menerima bantuan. Sejauh ini kita sudah lakukan kerja sosial penyaluran bansos ke masyarakat,” tutupnya. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*