Dewan Minta Akses Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan

DPRD Lebong

TUBEI,Bengkulu Ekspress – Ketua DPRD Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto SE mengatakan, peningkatan akses pelayanan kesehatan mutlak dilakukan. Tujuannya, guna peningkatan kualitas hidup masyarakat. Sehingga diharapkan kedepan semua masyarakat miskin harus tercover semua dalam jaminan kesehatan, dengan dilakukan pendataan ulang dan buat tabulasi data yang akurat.

“Data tersebut juga harus diupdate setiap tahunnya guna untuk akurasi data yang ada. Serta dalam rangka memastikan kondisi atau status miskin dan menjadi mampu ditahun berikutnya. Kalau tidak diupdate setiap tahun, dikhawatir sering terjadi data tidak akurat,” kata Politisi Partai Nasdem ini.
Selain itu, sambung Teguh, juga harus dibuat Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan kesehatan yang sistematis di Kabupaten Lebong. Pemerataan tenaga medis dan paramedis maupun pemberdayaan para dokter yang telah disekolahkan di berbagai universitas dan perguruan tinggi juga sangat perlu dilakukan.

“Mereka diharapkan bisa mengabdi di Kabupaten Lebong setelah lulus dan menjadi dokter. Termasuk juga para dokter-dokter lama yang sudah menjadi dokter spesialis. Karena mereka kita (pemerintah) sekolahkan melalui dana APBD. Jadi juga diharapkan harus mengabdi di Kabupaten Lebong,” jelas Teguh.(777)