Dewan Kesenian Susun Program Pameran

Endang/BE
Rapat kerja Dewan Kesenian Kota Bengkulu (DKKB), sekaligus evaluasi kinerja tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Senin (4/1).

BENGKULU, BE – Dewan Kesenian Kota Bengkulu (DKKB) menggelar rapat kerja sekaligus evaluasi kinerja tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Senin (4/12).Pada kegiatan ini DKKB juga menyusun program dan siap melaksanakan pameran seni.

Ketua DKKB Ajalon Tarmizi menuturkan kepada BE Senin (4/12), “Rapat kerja pada 2021 ini untuk menyamakan persepsi sekaligus menyusun program kegiatan masing-masing devisi. Pasalnya ditengah pandemi covid-19 tim seni di Kota Bengkulu, harus tetap bangkit.”

Masih banyak hal yang harus diperjuangkan, diakui di era pandemi ini bukan hal yang mudah. Untuk itu, butuh perjuangan berat dengan keterbatasan, saling support dan tetap eksis, namun tetap menjaga protokol kesehatan.

“Kita tadi tengah menyusun program jangka menengah, masing-masing devisi. Kesuksesan kita pada 2020 telah melaksanakan lomba cipta lagu daerah, maka pada 2021 ini peran devisi musik tradisi, devisi tari musik modern diminta membuat album dari hasil cipta lagu,” imbuhnya.

Ada 10 lagi terbaik hasil cipta lagu akan dibuat album. Ini akan disosialisasikan ke pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK untuk selanjutnya dilombakan,” jelasnya.

Begitu juga dengan seni tari tingkat SMP SMA/SMK dan bisa umum, seni tari tradisional dan seni rupa. Dalam waktu dekat ini DKKB menyusun konsep bersama Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, untuk menggelar pameran musik tradisional nusantara, kriya seni rupa dan terapan.

“Rencananya pameran ini digelar pertengahan Januari di Disdik,” jelasnya.

Guru kesenian SMAN 1 Kota Bengkulu itupun telah merangkul seluruh seni di Kota Bengkulu, untuk bergabung dalam wadah Dewan Kesenian. Dia meminta para seniman yang telah diberikan amanah menjalankan program 2020, namun belum terealisasi, agar program kegiatanyna dapat dilaksanakan pada 2021.

“Kita sudah meminta semua devisi membuat program sederhana dan ditampilkan pada 2021 ini. Dengan begitu, program yang ada akan dievaluasi untuk kemajuan seni budaya kota Bengkulu kedepan,” tandasnya.  (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*