Dewan Dukung CPNS Putera Daerah

1TUBEI,BE – Adanya usulan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lebong menolak pelamar dari luar daerah pada penerimaan CPNS 2014 ini, mendapat dukungan dari anggota DPRD Lebong.
Dukungan ini disampaikan anggota DPRD Lebong, Sahirwanto SSos. Menurutnya memang harus ada regulasi agar pencari kerja asli Lebong dapat bersaing dalam penerimaan CPNS tahun 2013 Ini.
“Belajar dari pengalaman penrimaan CPNS tahun 2012 dan 2013 lalu dari sekian banyak yang lulus, ternyata hanya beberapa saja orang Warga Lebong yang lulus menjadi PNS. Harapan kita orang-orang Lebong yang lulus menjadi PNS,” katanya. Untuk itu dewan meminta agar BKD dapat mencari cara agar yang lulus menjadi PNS warga Lebong. BKD diminta mengusulkan ke BKN dan MenPAN untuk penerimaan CPNS lebih diprioritaskan pelamar pemegang Kartu Keluarga dan KTP Lebong.
Selain itu, jika dalam setiap penerimaan CPNS di Kabupaten Lebong lebih banyak orang luar, dikhawatirkan kedepannya menimbulkan kecemburun sosial dari warga asli Lebong. Ia juga mengatakan dalam penerimaan PNS tidak selalu hanya mempertimbangkan kemampuan akademik tetapi juga harus mempertimbangkan pengenalan wilayah dan budaya Lebong.
“Kalau kita lihat dengan sitem penerimaan CPNS ditahun 2012 yang lalu yang di utamakan hanya pengetahuan akademik. Namun pemerintah pusat tidak mempertimbangkan pengenalan terhadap wilayah dan budaya lokal di setiap daerah,” katanya.
Sahirwanti menambahkan, kalau PNS yang diterima putra-putri asli daerah lebih banyak keuntunganya, misalnya untuk pengenalan wilayah pasti mereka lebih paham karakter masyarakat lebong. Selain itu, PNS putra daerah kemungkinan mengajukan pindah temat tugas sangat kecil.
“Nah, sekarang saja setiap tahun ada ratusan PNS yang pindah dari Lebong. Kalau pindah terus kapan kebutuhan PNS di Pemkab Lebong bisa terpenuhi. Harapan kita BKD bisa memperioritaskan warga Lebong untuk menjadi PNS,” ungkapnya.(777)