Dewan Desak Pilwagub Dimulai

Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Empat partai politik (parpol) pengusung Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah pada Pilgub 2015 lalu, PKB, Partai Hanura, Partai Nasdem dan PKPI belum juga mengusulkan nama-nama calon wakil gubernur (cawagub) ke Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.  Kekosongan jabatan wagub tersebut membuat DPRD mendesak agar proses tersebut segera dimulai.  Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi SP mengatakan, parpol pengusung yang memiliki kewenangan dalam mengusulkan cawagub itu harus melakukan proses pengusulan sesegera mungkin.

“Kami dari perwakilan lembaga legislatif meminta agar Parpol pengusung segera menindak-lanjuti kekosongan wagub dengan sifat sesegera mungkin,” terang Jonaidi kepada BE, kemarin (3/3).

Dikatakan, sebetulnya tidak ada alasan bagi parpol pengusung untuk menunda-nunda pelaksanaan pilwagub. Apalagi saat ini Bengkulu telah memiliki gubernur definintif. Setelah diusulkan ke gubernur, maka gubernur akan mengusulkan dua nama calon itu ke DPRD Provinsi untuk dipilih dalam rapat paripurna.  “Baiknya jangan terlalu lama dibiarkan kekosongan jabatan wagub, karena jika sampai lewat dari 18 bulan sisa masa jabatan gubernur dan wakil gubernur berakhir, maka terancam tidak bisa lagi diisi,” jelasnya.



Jonaidi menegaskan, jika dalam waktu dekat tidak ada respon dari parpol pengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada lalu, pihaknya akan meminta pimpinan DPRD menyurati empar parpol pengusung tersebut.
“Kita akan desak pimpinan dewan segera menyurati parpol pengusung, agar memproses pilwagub secepatnya,” tegas Jonaidi.  Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi DPW PKB Provinsi Bengkulu, Suroto menjelaskan, PKB sebagai salah satu parpol pengusung saat ini masih bersifat menunggu pertemuan dan kesepakatan dengan tiga parpol pengusung lainnya.

“Maunya kita (PKB,red) bisa cepat dilakukan, tapi kita masih nunggu yang lain. Karena dengan adanya wagub nanti, dinilai pelaksanaan pembangunan daerah bisa berjalan dengan maksimal lagi,” terang Suroto.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring mengatakan, proses internal parpol dan koordinasi dengan parpol pengusung lainnya terus berjalan. Hanya saja belum menentukan calonnya masing-masing. “Proses ini terus berjalan. Kita yakin, bisa dilakukan secepatnya,” terang Usin. Partai Hanura tetap mengusulkan Muslihan sebagai cawagub. Sebab, Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu itu sudah mendapatkan persetujuan dari DPP Hanura. “Kalau Hanura mengusung Pak Muslihan. Ini juga sudah disetujui DPP,” tutupnya. (151)