Dewan BS Harapkan Tingkatkan PAD

SERAHKAN: Ketua DPRD BS menyerahkan berita acara pengesahan Perda pertanggungjawaban APBD 2020 kepada Bupati BS usai sidang paripurna, Selasa (7/7).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – DPRD Bengkulu Selatan (BS) telah mengesahkan Peraturan Daerah BS tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020. Pada APBD 2020, Pemda BS mengatakan target belanja pada APBD 2020 sebesar Rp 915,03 Miliar. Realisasinya sebesar Rp 862,07 Miliar atau capaiannya 94,63 persen. Sedangkan pendapatan ditargetkan sebesar Rp.1,055 T. Terealisasi sebesar Rp Rp 1,004 T atau 95 persen lebih. Adapun rinciannya pendapatan asli daerah Rp. 88,7 M, pendapatan transfer Rp 957, 6 M dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 8 ,7 M.

“Berdasarkan APBD 2020, kami harap Pemda BS dapat meningkatkan lagi pendapatan asli daerah (PAD), kata ketua DPRD BS, Barli Halim SE usai sidang paripurna DPRD BS, Selasa (7/7).

Dikatakan Barli, untuk peningkatan PAD ini, dihadapkan Pemda BS dapat kembali menggali potensi baru dan juga memaksimalkan potensi yang ada serta melakukan penyesuaian tarif. Sehingga ke depan PAD semakin meningkat dan sumber anggaran pembangunan BS pun bisa bertambah.

“Dengan PAD yang terus meningkat, maka kesejahteraan masyarakat pun dapat terwujud,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga berharap Pemda BS dapat memaksimalkan pelaksanaan pembangunan. Sehingga semua kegiatan dapat selesai tepat waktu dan serapan anggaran pun bisa lebih maksimal. Dengan begitu,.tidak ada kegiatan pembangunan yang jalan ditempat atau putus kontrak.

“Kegiatan pembangunan juga harus maksimal jangan sampai ada yang molor apa lagi hingga putus kontrak,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga meminta Pemda BS serius menyikapi dan menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI. Sebab selama ini BS selalu meraih predikat wajar dengan pengecualian (WDP). Sehingga apa yang menjadi temuan BPK agar dapat segera diselesaikan. Dengan begitu diharapkan ke depan BS bisa meraih opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP).

“Terkait LHP BPK, kami harap segera dituntaskan agar BS bisa meraih WTP,” harap Barli.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM memberikan apresiasi kepada DPRD BS yang telah mengesahkan perda pertanggungjawaban APBD 2020. Dirinya mengaku bersama OPD di lingkungan Pemda BS akan terus bekerja maksimal meningkatkan PAD serta bekerja maksimal agar serapan anggaran semakin maksimal. Terkait LHP BPK, dirinya mengaku akan menindaklanjutinya secara maksimal. Sehingga semua temuan bisa dituntaskan dan BS bisa meraih predikat WTP.

“Kami mohon dukungan semua pihak dan juga pihak legislatif sehingga PAD kita bisa meningkat dan realisasi anggaran bisa maksimal serta bisa meraih WTP,” ujar Gusnan. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*