DEVY: PEMERINTAH NYATANYA MASIH PEDULI

Narasumber : Devy Permata Sari

 

Curup, Jamkesnews – Devy Permata Sari (27) menunjukkan wajah yang hangat berseri ketika ditemui tim Jamkesnews di kediamannya di Kota Curup.

“Pemerintah masih perduli sama masyarakatnya yang masih membutuhkan uluran tangan. Bersyukur masih bisa dibantu sampai sekarang. Saya, suami dan anak kami ikut merasakan kebaikan yang disediakan pemerintah melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ini. Sudah bertahun-tahun berlalu tapi kami masih merasakan rasa aman karena masih terlindungi jaminan kesehatannya,” ujarnya sambil tersenyum (26/7).

Wanita yang biasa disapa Devy ini mengakui kebaikan program ini dan sangat dirasakannya saat dia melahirkan puteri pertamanya.

“Kalau diingat lagi rasanya saya masih terharu. Saya bisa menjalani proses melahirkan puteri saya Naura dengan nyaman karena saya yakin kalau seluruh biaya persalinan saya akan ditanggung melalui Program JKN-KIS ini. Bahkan program ini sudah menemani saya sejak proses kontrol kehamilan. Pemerintah secara nyata telah membantu saya melalui program ini,” ujarnya.

Devy dan keluarganya merupakan  peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung oleh Pemerintah Daerah Rejang Lebong.

“Awalnya keluarga masih agak khawatir akan biaya persalinan yang akan saya jalani. Mengingat biaya persalinan sekarang akan memakan biaya yang pastinya tidak sedikit. Apalagi kalau sampai membutuhkan perawatan lanjutan, pasti memakan biaya yang besar. Keluarga sudah menyiapkan biaya jika nantinya memang harus membayar sendiri, tetapi sampai selesai proses persalinan dan diperbolehkan pulang ke rumah kami sama sekali tidak mengeluarkan biaya sepeser pun untuk biaya persalinan. Alhamdulillah semuanya sudah ditanggung oleh program ini,” ujarnya.

Devy juga tidak lupa mengucapkan syukurnya kepada Pemerintah Daerah Rejang Lebong dan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program JKN-KIS ini.

“Kita tidak akan pernah tau kapan kita akan sakit dan membutuhkan perawatan yang membutuhkan biaya. Tidak banyak jumlah orang yang dengan sengaja menyediakan uang khusus untuk biaya pengobatan kalau mereka sakit. Mungkin ada segelintir orang, tapi saya yakin lebih banyak masyarakat yang tidak siap dengan keadaan itu. Itu sebabnya menjadi peserta Program JKN-KIS adalah salah satu jalan terbaik,” tutupnya. (RW/ds)