Desak Jembatan Selagan Raya Mukomuko Dibangun Permanen

MUKOMUKO, BE – Masyarakat di Kecamatan Selagan Raya, mendesak pemerintah daerah membangun jembatan permanen, yang berada di jalan poros Kecamatan Selagan Raya. Jembatan itu, tepatnya berada antara Desa Lubuk Sahung dengan Desa Sungai Jerinjing. Pasalnya, kondisi jembatan saat ini, lantai jembatan yang masih berbahan papan kayu itu kerap lapuk dan sering mengakibatkan kendaraan yang melintas terperosok ke bawah jembatan.

”Warga setempat sudah lama mengeluhkan kondisi jembatan tersebut. Beberapa hari lalu, kejadian serupa terjadi lagi,” kata seorang warga Desa Lubuk Sahung pada BE. Sebetulnya,kata warga setempat, bukan berarti tidak ada perhatian sama sekali dari pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko. Setiap kali papan jembatan sudah lapuk, Dinas PUPR cukup sigap menanggulangi. Hanya saja penanganan yang dilakukan bersifat sementara. Dinas PUPR Mukomuko hanya mengganti papan yang lapuk dengan papan yang baru. Jadinya, kejadian serupa terus terulang.

Terkait keluham itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi melalui Kepala Bidang Bina Marga Budiarto mengatakan, untuk saat ini hanyapenanganan sementara yang bisa dilakukan. Sebab, anggaran untuk pembangunan jembatan permanen belum tersedia. “Jembatan di Selagan Raya lantainya jebol. Sudah kita tangani, tetapi sifatnya sementara. Papan yang lapuk kita ganti,” katanya.

Dinas PU mengusulkan anggaran pembangunan satu jembatan yang berada di jalan poros Kecamatan Selagan Raya di APBD 2021. Akan tetapi, ia belum dapat memastikan usulan tersebut bisa diakomodir atau tidak, sebab saat ini APBD 2021 masih proses pembahasan. “Kita usulkan satu jembatan yakni jembatan Sungai Aur dibangun permanen,” ungkapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*