Desa Rindu Hati Berdayakan Poktan Perempuan

POKTAN PEREMPUAN - Kepala Desa Rindu Hati, Sultan Mukhlis SH (kiri) bersama para anggota Poktan khusus perempuan yang sedang menanam benih kates kalifornia
Bakti/Bengkulu Ekspress
POKTAN PEREMPUAN : Kepala Desa Rindu Hati, Sultan Mukhlis SH (kiri) bersama para anggota Poktan khusus perempuan yang sedang menanam benih kates kalifornia.

TABA PENANJUNG BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Rindu Hati, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya adalah dengan memberdayakan kelompok tani (Poktan) khusus para kaum hawa atau perempuan. Kepala Desa (Kades) Rindu Hati, Sultan Mukhlis SH menjelaskan, pendirian Poktan khusus perempuan ini merupakan salah satu upaya untuk mengubah pola pikir masyarakat agar bisa bersikap mandiri.

“Perempuan juga memiliki potensi yang besar untuk bersaing dan menciptakan penghasilan atau lapangan pekerjaan. Sebab itulah, kami menciptakan kelompok tani khusus perempuan,” kata Kades.

Jebolan Fakultas Hukum Universitas Bengkulu (Unib) ini menjelaskan, bahwa pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak luar untuk memberikan pembinaan dan bimbingan kepada masyarakat. Dengan harapan, seluruh kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat bisa memberikan dampak positif.

“Kami sudah bekerjasama dengan pihak Unib agar bisa memberikan pembinaan kepada masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan mengembangkan tanaman bernilai ekonomis, yakni kates kalifornia yang memang banyak diminati oleh masyarakat,” tandas Sultan Muklis.

Sejauh ini, Sultan Muklis menyebutkan bahwa kegiatan poktan khusus perempuan dilakukan secara swadaya atau tanpa adanya campur tangan dari Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis.
“Bantuan dari pemerintah tentu saja sangat diharapkan. Baik itu berupa benih unggul ataupun pembinaan dari para panitia penyuluh lapangan (PPL),” pungkas Sultan.(135)