Desa Mulai Kembangkan Wisata

 

 

Ari, Fotensi wisata beruapa yang berada dipinggir Kota Curup belum tergarap maksimal (2)

CURUP, Bengkulu Ekspress – Kucuran Dana Desa oleh pemerintah saat ini tak hanya dimanfaatkan pihak desa dalam membangun infastruktur saja. Namun mulai dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada masing-masing desa.Untuk Kabupaten Rejang Lebong sendiri, saat ini dari 122 desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ada beberapa desa yang sudah mulai memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan potensi wisata yang mereka miliki.

“Saat ini memang ada beberapa desa yang telah memanfaatkan Dana Desa untuk mengembangkan pariwisata yang mereka miliki,” sampai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah SSos.

Beberapa desa yang telah menggunakan dana desa untuk pengembangan potensi wisata tersebut seperti Desa Kali Padang dan Desa Kayu Manis yang ada di Kecamatan Selupu Rejang. Dimana menurut Gunawan kedua desa tersebut saat ini tengah mengembangkan objek wisata air terjun yang ada di dua desa tersebut.



“Contohnya saat ini Desa Kali Padang dan Kayu Manis di Selupu Rejang Lebong tengah mengembangkan air terjun yang mereka miliki dengan menggunakan dana desa,” terang Gunawan.

Dijelaskan Gunawan, untuk Desa Kali Padang, air terjun yang mereka kembangkan saat ini mereka beri nama Air Terjun “Hello Kitty”. Kemudian untuk Desa Kayu Manis, air terjun yang mereka kembangkan yaitu Curup Papat. Dengan adanya pengembangan dua air terjun tersebut dengan menggunakan dana desa, saat ini keduanya sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat. Dengan mulai banyak dikunjungi masyarakat diharapkan bisa menghidupkan perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata.

Tak hanya desa di Selupu Rejang saja yang memanfaatkan dana desa untuk pengembangan pariwisata. Desa di Kecamatan Bermani Ulu juga melakukan hal yang serupa, yaitu Desa Purwodadi. Dimana menurut Gunawan Desa Purwodadi telah memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan embung atau waduk penampungan air hujan yang juga dijadikan lokasi wisata.

Luasan embung yang mereka kembangkan tersebut mencapai 2 hektar, dimana dilokasi embung tersebut berfungsi untuk mengailir salah juga menjadi tempat wisata karena diembung atau waduk tersebut sudah disiapkan perahu wisata dan taman bunga serta arena grastrack.”Kita berharap kedepannya seluruh desa di Rejang Lebong ini mulai melirik potensi pariwisata yang ada, sehingga dana desa tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur saja namun juga untuk pengembangan salah satunya potensi wisata,” demikian Gunawan.(251)