Desa Maju di Mukomuko Bertambah

ilusterasi

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Desa maju di Kabupaten Mukomuko bertambah dari tahun 2020 lalu. Ini diketahui dari hasil verifikasi Indeks Membangun Desa (IDM) tahun 2021 yang telah dilakukan di 148 desa yang tersebar di 15 di Kabupaten Mukomuko.
“Untuk desa maju bertambah, dari 22 desa menjadi 30 desa atau sebanyak 8 desa dari desa berkembang berubah status menjadi desa maju. Namun sesuai IDM tahun ini jumlah desa di daerah ini tidak ada perubahan status desa mandiri,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Gianto melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, M Fadly.

Ia menyampaikan, jumlah IDM pada tahun 2020 lalu ada 3 desa berstatus desa mandiri. 22 desa berstatus desa maju. Kemudian 117 desa berkembang dan 6 desa tertinggal. Sedangkan IDM tahun 2021 ini, 3 desa berstatus desa mandiri. Selanjutnya 30 desa maju, 111 desa berkembang dan 4 desa berstatus desa tertinggal.
“Ada 2 desa juga berubah status dari desa tertinggal menjadi desa berkembang,” bebernya.
Disampaikan Fadly, sebanyak 4 desa yang masih berstatus desa tertinggal yaitu Desa Sidomulyo, Desa Sendang Mulyo dan Desa Bukit Makmur Kecamatan Penarik, dan Desa Semambang Makmur, Kecamatan Malin Deman.
“Keempat desa tertinggal ini diharapkan dapat mengejar ketertinggalan dan berubah status dari desa tertinggal menjadi desa berkembang,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, untuk menuju desa, mandri, maju dan berkembang ada sejumlah indikator yang harus terpenuhi. Dicontohkannya, dari desa berkembang menjadi desa maju adalah desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi serta kemampuan menggelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan. Begitu pula dengan indikator – indikator lainnya yang disesuaikan dengan IDM dan dilakukan penilain sesuai aturan yang berlaku. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*