Desa Diminta Peduli Perpusdes

Hj Sri Gusti Sabana SH

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas perpustakaan dan Arsip Daerah Bengkulu Selatan (BS), Hj Sri Gusti Sabana SH mengatakan terus berkomitmen agar semua desa di Bengkulu Selatan memiliki perpustakaan desa (Perpusdes). Hal tersebut untuk meningkatkan minat warga desa agar selalu gemar membaca. Oleh karena itu, dirinya berharap, para kepala desa peduli akan adanya perpusdes ini.

“ Untuk mengembangkan perpusdes perlu dukungan dan kades dan perangkatnya,” katanya.

Sri Gusti mengatakan, saat ini sebagian desa sudah ada kantor desanya. Namun sebagian besar belum ada. Oleh karena itu, dengan adanya dana desa (DD) yang sebagian desa sudah disalurkan, dirinya berharap pemerintahan desa dapat membangun gedung perpusdes.Sehingga setiap desa di Bengkulu Selatan ada perpusdesnya.



“ DD bisa digunakan untuk membangun dan mengembangkan perpusdes,” ujarnya.

Sebab, sambung Sri Gusti dengan adanya perpusdes tersebut, masyarakat desa dapat memanfaatkannya tidak hanya untuk sekedar membaca, namun dapat menambah pengetahuan, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi bagi peningkatan perekonomian keluarga. “ Untuk buku perpusdesnya kami siap membantu, desa siapkan saja gedungnya,” imbuhnya. Sebab sambung Sri Gusti jangan sampai rekor MURI membaca terbanyak se Indonesia tahun 2017 lalu tidak ada tindaklanjutnya hingga ke desa-desa.

Padahal dengan adanya pemecahan rekor membaca terbanyak tersebut, diharapkan warga Bengkulu Selatan semakin gemar membaca. Agar warga bisa selalu membaca, maka setiap desa harus ada perpusdesnya. “Jika setiap ada perpusdes, maka masyarakat desa akan semakin cerdas dengan begitu mereka akan semakin maju dan pada akhirnya Bengkulu Selatan akan menjadi daerah yang maju karena masyarakatnya makin cerdas dan sejahtera,” terang Sri Gusti. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*