Desa Diminta Bangun Perpustakaan

Firdaus
Firdaus

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lebong berharap Pemerintah Desa (Pemdes) dan kelurahan di Lebong dapat mendukung dalam pembangunan perpustakaan desa. Tujuannya, agar masyarakat semakin gemar membaca dan menambah ilmu dari buku.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lebong, Drs Firdaus MPd mengatakan, dari jumlah 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong, terdapat ada 93 desa dan 11 kelurahan. Dari jumlah tersebut, saat ada sekitar 63 desa yang telah memiliki Perpustakaan Desa.

“Sisanya beberapa desa dan kelurahan belum ada, sehingga kita berharap Pemdes bisa membangun perpustakaan desa juga,” ucapnya, kemarin (4/3).

Pembangunan perpustakaan desa sebenarnya masih sangat dibutuhkan. Hal ini berguna bagi seluruh masyarakat untuk bisa mencari ilmu sebagai revrensi mereka baik dalam pekerjaan maupun dalam kegiatan mereka sehari-hari.

“Untuk itulah perpustakan bisa kita jadikan sebagai universitas rakyat,” sampaiya.

Bagi desa yang saat ini telah memiliki perpustakaan desa bisa menjaga dan selalu menghidupkan perpustakaan yang telah dibangun. Pihaknya akan terus mendatangi perpustakaan desa untuk menambah buku.

“Kita akan jemput bola dengan membawa buku untuk dibagikan di setiap perpustakaan desa yang ada,” jelasnya.

Selain itu, untuk mendukung pembangunan perpustakaan desa, tahun ini DKP akan kembali melaksanakan berbagai macam perlombaan. Baik itu perlombaan perpustakaan desa, mengarang, membuat puisi, menggambar serta berbagai macam perlombaan lainnya.

“Dimana yang bisa ikut adalah desa yang telah memiliki perpustakaan dan juga masyarakat yang selama ini terus menambah ilmu dengan membaca. Jika tidak membaca maka akan sulit mengikuti perlombaan karena tidak memiliki ilmu,” ucapnya.(614)