Desa Batu Kalung Kepahiang Bangun Plat Deker dan Rabat Beton


Doni/BE
Pembangunan DD Batu Kalung Kecamatan Bermani Ilir di tahap 1 tahun 2020 membangun pelapis tebing, drainase dan rabat beton.

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Dalam merealisasikan DD/ADD 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) Batu Kalung Kecamatan Bermani Ilir Kepahiang membangun PPT, Plat deker dan jalan rabat beton sepanjang 66 meter. Pembangunan sarana prasarana jalan umum tersebut dibutuhkan masyarakat sesuai dengan usulan warga dalam musyawarah desa (Musdes) akhir tahun lalu saat penyusunan APBDes 2020.
Kepala Desa Batu Kalung, Sarkawi mengatakan, bangunan itu sepenuhnya dibiayai oleh DD Batu Kalung dengan total anggaran pembangunan mencapai Rp. 633.258.000. Jumlah itu berkurang dari rencana awal, karena adanya pengalokasi DD untuk BLT Desa akibat pandemi covid-19. “BLT DD kita bagikan mencapai Rp. 83.700.000 untuk 31 kepala keluarga,” tutur Sarkawi.

Sarkawi menargetkan, pembangunan PPT, plat deker dan jalan rabat beton di Dusun 1 dapat tuntas diakhir tahun. Sehingga pembangunan sudah bisa dirasakan masyarakat diawal tahun depan. Terutama jalan yang tengah dibangun itu merupakan akses masyarakat untuk menuju lahan persawahan dan perkebunan kopi.
“Selama ini Pemdes memang mengutamakan infrastruktur yang selama ini dibutuhkan masyarakat, seperti jalan menuju area perkebunan maupun jalan lingkungan pedesaan,” tegas Sarkawi.

Selain DD/ADD, Kades Batu Kalung dan jajaran juga memperjuangkan sumber pembangunan dari sektor anggaran lainnya. Yaitu baik di APBD Kabupaten Kepahiang, APBD Provinsi Bengkulu hingga dana pusat melalui balai.
“Kita juga memiliki irigasi besar yang butuh pembangunan, karena banyak area persawahan masyarakat yang bergantung dengan sumber air irigasi disini. Kita tengah mengupayakan anggaran untuk pembangunan itu,” tutur Sarkawi. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*