Desa Banjir Bantuan

Doni/Bengkulu EkspressSERAHKAN: Menteri Kemendes PDTT, Eko Putro Sandjojo BSEE MBA menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan desa yang hadir dalam workshop pengawasan Dana Desa (DD).

Kemendes PDTT Salurkan
Rp 5 M Lebih

KABAWETAN, Bengkulu Ekspress – Kedatangan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, Eko Putro Sandjojo BSEE MBA membawa berkah bagi puluhan desa di Kabupaten Kepahiang. Kemendes PDTT menggelontorkan bantuan secara fantastis dengan total sekitar Rp 5 miliar lebih untuk 15 desa.

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Eko Putro Sandjojo, yakni bantuan usaha BUMDdes Rp 300 juta untuk dua desa di Kecamatan Merigi dan Kecamatan Tebat Karai masing-masing Rp 150 juta. Kemudian bantuan usaha ekonomi masyarakat desa Rp 200 juta diberikan bagi lima kelompok masyarakat, diantaranya di Desa Bukit Barisan. Selanjutnya bantuan modal usaha BUMdes Rp 500 juta untuk 10 desa dengan masing-masing bantuan Rp 50 juta setiap desanya.

“Bantuan ini merupakan usulan dari Bupati Kepahiang, jadi mereka yang mengajukan maka penyaluran melalui pemerintah kabupaten,” terang Menteri PDTT, Eko Putro Sandjojo, Rabu (13/3).

Menteri Kemendes PDTT juga memberikan bantuan revitalisasi pasar desa sebesar Rp 340 juta untuk Desa Batu Kalung Rp 170 juta serta Desa Cinto Mandi Rp 170 juta. Lalu bantuan program pilot inkubasi inovasi desa dan pengembangan ekonomi lokal di Desa Bandung Jaya Rp 1,5 miliar dan Desa Sukasari Rp 1,5 miliar.



Ada juga pembangunan dua embung di Desa Sukasari Rp 350 juta serta Desa Tangsi Duren Rp 350 juta. Kemdes PDTT mengajak seluruh lapisan masyarakat supaya melaksanakan pengawasan terhadap program bantuan yang telah diberikan kementerian supaya benar-benar dilaksanakan secara tepat. Tanpa ada penyala gunaan, bahkan aparat penegak hukum seperti Kejaksaan dan Kepolisian juga dilibatkan pemerintah dalam pengawasan agar tidak ada penyelewengan dalam pelaksanaan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Menteri Eko bersama jajaranya di Kemendes PDTT melaksanakan kunjungan kerja setengah hari di Kabupaten Kepahiang dengan menggelar workshop pengawasan Dana Desa di Kelurahan Tangsi Duren Kecamatan Kabawetan yang juga dihadiri Ketua Satgas Dana Desa Irjen Pol (Purn) Dr Bibit Samad Rianto MM. Kasi Intejelen Kejari Kepahiang, Arya Marsepah SH MH yang memberikan bimbingan mengenai pengawalan dana desa.

Sekitar pukul 15.30 WIB Menteri Eko bersama Bupati Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU bertolak menuju Desa Tebat Monok untuk meresmihkan Gedung Serba Guna Talang Aur yang dibangun melalui Dana Desa. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi meresmikan lapangan Sepak Bola Rajo Muda yang juga dibangun melalui gelontoran Dana Desa tiga tahun terakhir. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*