Derta Jadi Bunda PAUD

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah resmi melantik Derta Wahyulin Rohidin sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Bengkulu. Dalam pelantikan itu, Bunda PAUD Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin Rohidin mengatakan, tekatnya ialah meningkatkan kinerja guru PAUD.

Karena kunci dari keberhasilan anak-anak PAUD itu berawal dari guru PAUD sebagai tenaga pendidik. Untuk itu peningkatan kualitas guru PAUD harus tetap ditingkatkan. “Guru PAUD harus meningkatkan kualitas dirinya,” terang Derta kepada Bengkulu Ekspress, usai dilantik menjadi Bunda PAUD di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu, kemarin (12/3).

Dijelaskannya, penanaman karakter yang harus dimilki oleh Guru PAUD ialah karakter akhalak. Kemudian penaman karakter agama menjadi utama yang harus ditanamkan. “Penanaman karakter, akhlak, agama itu yang paling utama,” tambahnya.

Usai pelantikan, Bunda PAUD disuguhkan dengan penampilan anak-anak PAUD di Provinsi Bengkulu. Penampilan itu seperti permainan musik angklung, tari botol-botol, kudang kepang, musik drumbend dan atraksi lainnya. Penampilan itu membuat Bunda PAUD terkesima melihatnya. “Panampilan anak-anak keren-keren lah, anak PAUD memang super, seneng saya,” kata Derta.



Penampilan lucu itu terkadang ada yang salah dalam gerak. Namun kesalahaan itu dinilai unik, melihat tekat anak-anak untuk berjuang memperbaiki kesalahan. “Yang salah itu lebih lucu, kalau itu menjukkan anak-anak,” ujarnya.
Menurut Derta, kreasi dan penampilan anak-anak PAUD itu terus digelorakan. “Program lomba PAUD itu ada di Dispendikbud, kedepan bisa terus dilakukan,” ujar Derta.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, tidak hanya guru, seorang ibu didalam keluarga juga sangat penting untuk memberikan pendidikan terhadap anak. “Bisa menjadi ibu pendidik utama, baik secara keluarga, pendidikan formal maupun non formal,” terang Rohidin.

Seorang ibu, lanjut Rohidin harus bisa memberikan bimbingan terhadap anak. Dengan sentuhan tangan seorang ibu, maka pendidikan karakter itu bisa diaplikasikan oleh seorang anak. “Karena pendidikan karekter anak yang sehat, cerdas, ceria kunci utama adalah ibu. Ibu yang mana, ibu didalam keluarga,”

Untuk itu, Rohidin berharap peran seorang ibu bisa terus memantau perkembangan seorang anak. Karena anak merupakan generasi penerus bangsa, generasi keluarga dan generasi masa depan. “Saya harapkan ibu jadi pendidik utama untuk anak-anaknya. Dengan melengkapi wawasan yang baik, kecerdasan yang baik, kemampuan yang bagus, lebih dari itu semua menjadi karekter seorang ibu,” tutup Rohidin. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*