Dengan Aplikasi Ini, Peserta BPJS Kesehatan Dapat Deteksi Penyakit

BPJS Kesehatan Cabang Curup melaunching aplikasi Mobile Screening
BPJS Kesehatan Cabang Curup melaunching aplikasi Mobile Screening

CURUP, bengkulueskpress.com – Kantor BPJS Cabang Curup, melaunching Aplikasi Mobile Screening, Rabu (01/02/2017) di ruang rapat kantor BPJS Curup.

Disampaikan Kepala BPJS Curup, Rizki Lestari, aplikasi Mobile Screening dapat didownload secara gratis di smartphone melalui google play store.

“Setelah mengunduh aplikasi ini, kita dapat mengetahui dengan mudah mendeteksi faktor resiko penyakit. Sehingga, datanya akan tersimpan di database BPJS, setelah itu pihak kita dapat menindaklanjutinya dengan pencegahan terhadap para penderita penyakit,” ujarnya.

Lanjutnya, aplikasi ini dapat mendeteksi empat macam penyakit, yaitu Diabetes Melitus, Hipertensi, Ginjal Kronik dan Jantung Koroner, karena penyakit ini gejalanya sering diabaikan oleh masyarakat.

“Untuk itu, sangat diperlukan deteksi dini ini. Memang gejala awal tidak terlalu dirasakan oleh masyarakat, namun akan dirasakan jika sudah mencapai fase lanjut. Diperlukan kesadaran masyarakat untuk mendeteksinya, sehingga penyakit tersebut dapat dicegah dengan baik,” terangnya.

Kemudian ia menambahkan, setelah mengunduh aplikasi tersebut, peserta diminta untuk melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan. Setelah terdaftar dan mengklik tombol log ini, peserta dapat memilih menu skrining riwayat kesehatan. Lalu, diminta untuk menjawab 47 pertanyaan yang terdiri dari kebiasaan, aktivitas sehari – hari, penyakit yang pernah diderita, riwayat penyakit keluarga dan pola makan. Setelah semua diisi, maka akan terpampang hasil skrining riwayat kesehatannya.

“Pihak BPJS Curup, sangat perlu bantuan pemerintah setempat untuk mensosialisasikan ini. Jadi sosialisasi ini kedepannya, akan ditindaklanjuti kepada para pelaku usaha, Badan Usaha, seperti PT dan CV yang telah memiliki kode badan usaha BPJS serta kita juga akan mensosialisasikannya juga dengan pemerintah setempat, baik Pemkab RL, Dinkes, Diknas, RSUD Curup serta instansi vertikal lainnya, seperti Polres RL, Yonif 144 JY dan lain sebagainya. Kalau bisa semuanya kita akan sosialisasikan, karena aplikasi ini sangat bermanfaat bagi masyrakat luas,” pungkas Rizki.(Ade)