Demokrat Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPD

ARY/BE
Pasangan Susilawati-Ruswan saat mengembalikan berkas pendaftaran di DPC Demokrat Rejang Lebong. Pelaksanaan Fit and Proper Tes bagi Balon Kada yang mendaftar di DPC Demokrat akan dilaksanakan di DPD Demokrat Provinsi Bengkulu.

CURUP, bengkuluekspress.com – Dalam proses penjaringan Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah (Kada) yang dilakukan DPC Demokrat Rejang Lebong akan dilaksanakan uji kelayakan dan kepatutan. Hanya saja untuk uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper tes tidak dilaksanakan di DPC Demokrat Rejang Lebong namun akan dilaksanakan di DPD Demokrat Provinsi Bengkulu.

Ketua Tim Penjaringan DPC Demokrat Yunada mengungkapkan pelaksanaan fit and proper tes yang dilaksanakan di DPD Partai Demokrat Provinsi Bengkulu bukan hanya untuk Kabupaten Rejang Lebong sendiri namun juga untuk 8 kabupaten lain yang menggelar Pilkada di tahun 2020 mendatang.

“Untuk pelaksanaan fit and proper tes sendiri kita masih menunggu petunjuk, karena untuk pendaftaran sendiri baru akan kita tutup pada tanggal 30 November besok,” jelas Yunada.

Dari pelaksanaan fit and proper tes sendiri, menurut Yunada DPD Demokrat Provinsi Bengkulu akan menjaring dua atau tiga pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mereka bawa ke DPP Partai Demokrat. Karena sesuai dengan petunjuka DPP, Balon yang akan disampaikan ke DPP harus dalam bentuk pasangan bukan secara terpisah antara yang direkomendasikan menjadi Balon bupati maupun Balon wakil bupati.

Sementara itu, dari sejumlah Balon Kada yang mendaftar maupun mengembalikan formulir di DPC Partai Demokrat Rejang Lebong, Yunada mengaku baru ada dua pasangan yaitu pasangan Hj Susilawati SE MM dengan H Ruswan YS SSos MSi dan pasangan Syamsul Effendi dengan Hendra Wahyudiansyah SH.

Sedangkan Balon Kada lainnya menurutnya masih mendaftar sendiri-sendiri ada yang mendaftar sebagai calon bupati dan ada yang mendaftar sebagai calon wakil bupati. “Hingga saat ini yang mendaftar secara berpasangan baru dua pasangan yaitu pasangan Susilawati-Ruswan dan Syamsul-Hendra,” paparnya.

Di sisi lain, terkait dengan Balon Kada yang sudah mendaftar di DPC Partai Demokrat Rejang Lebong, Yunada mengaku hingga kemarin sudah ada 10 orang yang mendaftar di DPC Demokrat Rejang Lebong. Hanya saja menurutnya ada beberapa yang belum mengembalikan berkas, dimana untuk mereka yang belum mengembalikan berkas mereka tunggu hingga batas akhir pada 30 November ini.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, pada Kamis kemarin pasangan Susilawati-Ruswan terlihat mengembalikan berkas di DPC Demokrat Rejang Lebong, sebelumnya sejumlah Balon Kada telah mengembalikan berkas termasuk pasangan Syamsul-Hendra dan Balon yang masih sendiri seperti M Fikri Thobari termasuk Ketua DPC Demokrat Rejang Lebong yang juga ikut mendaftar dan mengembalikan formulir yaitu Zulkarnain Thaib.

Dalam kesempatan tersebut, usai mengembalikan berkas, Susilawati mengaku Partai Demokrat merupakan partai kelima yang ia kembalikan berkas bersama pasangannya yang akan maju dalam Pilkada serentak 2020. Sebelumnya ia telah mengembalikan berkas ke Partai Hanura, PKS, Nasdem, Perindo. “Besar harapan kami agar nanti Partai Demokrat bisa merekomendasikan kami untuk diusung dalam Pilkada serentak 2020 mendatang,” harap Susilawati sebelum meninggalkan kantor DPC Demokrat Rejang Lebong yang ada di Jalan Sapta Marga Kelurahan Air Putih Baru Kamis kemarin. (251)