Demi Batu Akik, PNS Nekat Bolos

Ari, kawasan lapangan setia negara yang saat ini menjadi snetra batu akik di Kota Curup, dilokasi ini kerap kali PNS bolos kerja hanya untuk sekedar mencari batu akik (2)
CURUP, BE – Demam batu akik yang saat ini sedang melanda masyarakat Indonesia tak terkecuali masyarakat Rejang Lebong mulai memberikan dampak negatif. Salah satunya dilakukan oleh kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.
Berdasarakn data yang berhasil dihimpun Bengkulu Ekspress, para abdi negara tersebut kerap terlihat membolos untuk mencari batu akik disaat jam kerja. Salah satu lokasi mencari batu akik favorit masyarakat Rejang Lebong adalah kawasan Lapangan Setia Negara Kota Curup.
Menurut sejumlah sumber, para PNS tanpa rasa canggung menggunakan baju dinas saat jam kerja memilih batu akik di sejumlah pedagang batu akik di kawasan tersebut. Padahal seharusnya pada jam-jam seperti itu mereka disibukkan dengan pekerjaan mereka.
“Ya hampir setiap hari banyak PNS yang mencari batu disini, tadi saja (Kamis (26/3) pagi, red) banyak PNS yang datang kesini padahal masih jam kerja,” aku salah seorang warga Kota Curup yang enggan disebutkan namanya.
Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait dengan prihal banyaknya PNS yang membolos saat jam kerja untuk mencari batu akik, Sekretaris Kabupaten Rejang Lebong, Drs Sudirman meminta agar PNS tidak keluyuran pada jam kerja. Apalagi mereka berburu batu akik di Lapangan Setia Negara menggunakan seragam PNS.
“Malulah pakai seragam dinas, jam kerja PNS keluyuran ke lapangan cari batu akik. Silakan kalau mau cari perhiasan batu, tapi di luar jam dinas,” imbau Sudirman.
Menurut dia, apa yang dilakukan para PNS tersebut tidak sepatutnya terjadi, karena akan timbul pikiran negatif dari masyarakat. Selain itu, PNS yang seharusnya memberikan pelayanan pada masyarakat pada jam kerja, bukan malah keluyuran. “Saya tak melarang PNS mencari batu akik di Lapangan Setia Negara, tapi jangan di jam kerja,” tegasnya.
Mendengar kondisi tersebut, Sudirman berjanji akan menegur PNS yang membolos untuk mencari batu akik. Selain itu, ia juga memastikan akan memberikan sanksi kepada mereka yang membolos tersebut.
Sementara itu, menyikapi menjamurnya pedagang batu akik di kawasan Lapangan Setia Negara, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Rejang Lebong, Suhandak menjelaskan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pembinaan kepada para pegadang.
Menurut Suhandak, pembinaan sangat perlu dilakukan mengingat bisnis batu akik ini merupakan kerajinan yang menjanjikan bagi para pengrajin batu cincin.
“Ya nanti akan kita bina, dengan adanya pengrajin batu akik ini bisa menambah penghaislan ekonomi masyarakat dan pengrajin,” jelas Suhandak.
Menurut dia, salah satu yang akan mereka lakukan yaitu melakukan penataan seperti dengan mengajukan pemberian tenda untuk pedagang. Dengan adanya penataan tersebut sehingga para penjual terlihat rapi dan tidak mengganggu keindahan kawasan Lapangan Setia Negara yang menjadi pusat keramaian Kota Curup.(251)