Delapan Fokus Pembangunan Seluma

Jefryy/Bengkulu Ekspress – Laporan kepala Bappeda terkait Musrenbang Kabupaten Seluma di hadapan Bupati beserta tamu undangan.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Kemarin (20/3), Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten seluma, digelar di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Seluma. Musrenbang merupakan titik tolak pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Maka hingga ditahun 2020 mendatang, pembangunan di Kabupaten Seluma, masih menitik beratkan pada pembangunan fisik dan nonfisik dengan 8 fokus pembangunan.

“Rencana kerja pemerintah daerah(RKPD) kita masih focus pada pembangunan fisik dan nonfisik dengan mengejar ketertinggalan. Dengan bertitik tolak pada 8 leading sektor pembangunan,” ujar Bupati Seluma H Bundra jaya SH MH dalam sambutannya saat membuka acara Musrembang, kemarin (20/3).

Adapun fokus pembangunan hingga 2020 yang dimaksud, berupa pengentasan kemiskinan, Pengentasan desa tertinggal dan sangat tertinggal, Penataan ibu kota kabupaten, peningkatan perlindungan sosial bagi PMKS, peningkatan penyelenggaraan penanggulangan bencana. Berikutnya, terwujudnya kerukunan umat beragama dan peningkatan kuaalitas keimanan dan ketakwaan, serta terwujudnya budaya yang memiliki nilai nilai agama melalui penyelengaraan seni dan budaya.



“Pengentasan kemiskinan dan pengentasan daerah tertinggal dan sangat tertinggal merupakan hal yang utama harus kita lakukan secara bersama,” tegasnya.

Beber bupati, RKPD ini haruslah menjadi acuan dalam pembangunan di Kabupaten Seluma hingga 2020 mendatang. Untuk itu, aspirasi dan saran dari DPRD serta aspirasi masyarakat di Kabupaten Seluma harus tertampung. Pembangunan harus bertitik tolak inilah pembangunan harus dilakukan di tahun 2020 mendatang. Namun tetap mengedepankan RPJMD serta RKPD kabupaten Seluma. Serta menyelaraskan dengan pembangunan Provinsi Bengkulu guna menuju visit Bengkulu 2020.

“Untuk mewujudkannya jelas tidak bisa bekerja dengan sendirinya, melainkan secara bersama-sama. Dengan menyelaraskan pembangunan dengan program Provinsi Bengkulu,” ujarnya. Diketahui, anggaran pembangunan yang sudah dialokasikan di Kabupaten Seluma, yang berasal dari APBN sebesar Rp 113 miliar. Sedangkan, yang berasal dari APBD Provinsi Bengkulu sebesar Rp 78 miliar. Kegiatan Musrenbang Kabupaten Seluma ini, secara resmi dibuka Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH , yang ikut dihadiri perwakilan Gubernur Bengkulu. Anggota DPRD, unsur Muspida (musyawarah pimpinan daerah), serta Kepala OPD dan Perwakilan kades di Kabupaten Seluma. (333)