Dekranasda Benteng Juara

Ilustrasi-Medali-piala-tropi
foto: ist

BENTENG, Bengklu Ekspress – Prestasi gemilang diraih Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Yakni berhasil menyabet juara 2 dalam lomba Karya Kriya Daerah Terbaik pada Dekranasda Award tahun 2018 tingkat Provinsi Bengkulu di Hotel Raffles Citi, kemarin (5/9).

Selain juara lomba Karya Kriya, Dekranasda Kabupaten Benteng juga berhasil mendapatkan juara ke-4 kategori pembina terbaik.

Predikat juara diraih atas pertimbangan tim penilai yang menganggap Dekranasda Kabupaten Benteng telah berhasil melakukan pembinaan kepada masyarakat, khususnya para pengerajin serta pengelolaan industri dan usaha kecil menengah (IUKM).

“Alhamdulillah, Dekranasda Kabupaten Benteng berhasil meraih juara dalam perlombaan kriya karya tingkat Provinsi Bengkulu,”

kata Ketua Dekranasda Kabupaten Benteng, Hj Elvita Meidianti Ramli SSos MM melalui Kabid Perindustrian Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng, Lusi Komariah SSos.

Secara Rutin Memberikan Pembinaan

Dijelaskan Lusi, Dekranasda Kabupaten Benteng bekerjasama dengan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng secara rutin memberikan pembinaan kepada masyarakat. Diantaranya, pengerajin gedebog pisang di Desa Pondok Kubang yang telah menciptakan tas, tempat pensil, lukisan serta kaligrafi dari gedebog pisang.

Selanjutnya, pengerajin batok kelapa di Desa Lubuk Unen, Kecamatan Merigi Kelindang yang mampu menciptakan berbagai kreasi soevenir serta pengerajin anyaman rotan dan bambu di Desa Merigi Kelindang yang berhasil membuat bakul serta berbagai tempat hiasan.

Dari segi olahan makanan, ada juga sirup kalamansi di Desa Pondok Kubang Kecamatan Pondok Kubang serta olahan dodol salak serta kopi biji salak di Desa Pulau Beringin Kecamatan Pondok Kelapa.



“Kabupaten Benteng memiliki banyak sekali potensi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan bersaing. Semuanya telah dipaparkan secara jelas oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Benteng saat perlombaan,” tandasnya.

Atas keberhasilan yang diraih, Dekranasda Kabupaten Benteng mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan rapar kerja nasional (rakernas) Dekranasda di Jakarta, 26-28 September 2018 mendatang.

“Harapannya, semua produk UKM dan olahan makanan asal Kabupaten Benteng bisa lebih dikenal secara luas. Baik itu secara nasional ataupun di kancah internasional,” harap Lusi.(135)