‘Dekorasi Taman Hias Cimanuk Indah

BENGKULU, BE – Taman buatan hasil karya seni “Dekorasi Taman Hias Cimanuk Indah” tidak diragukan lagi. Mengandalkan pengalaman puluhan tahun, pelanggannya pun tidak hanya golongan menengah ke bawah, tetapi sampai pada kelas pejabat atas. Usaha bidang pertamanan ini pun sering dicari dan kian terkenal di Bengkulu.
Sang pemilik usaha, Herman, mengaku usaha ini didirikannya sejak tahun 1992 lalu dan berpusat di Gang Hasfarm RT 2 No. 9 Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Selebar. Hingga kini, pelanggannya hampir sampai ke seluruh kabupaten. Diantaranya pernah menggarap membuat taman di rumah salah satu pejabat nomor satu kepolisian Bengkulu, rumah Wakil Bupati Bengkulu Utara, dan lain-lain.
“Kalau diingat jumlahnya sudah banyak, tidak terhitung lagi mas,” ungkap Herman.
Menurut Herman, teknis pengerjaan saat di lapangan sangat berbeda dengan pelaku usaha yang sama. Dekorasi Taman Hias Cimanuk Indah mengutamakan unsur estetis dan bahan yang berkualitas, baik taman di dalam rumah (indoor park) maupun di luar rumah (outdoor park). Kebanyakan pelanggan menyerahkan sepenuhnya motif, bentuk, ornamen, warna kepada pihak pembuat. Sehingga Herman dan 4 karyawannya secara total mengapresiasikan imajinasi, inspirasinya pada alat dan bahan. Faktor totalitas inilah akhirnya menghasilkan taman hiasan buatannya bernilai seni tinggi.
Waktu untuk menyelesaikan satu pesanan taman hias, sangat relatif. Hal ini tergantung pada luas bidang pengerjaan, serta tingkat kerumitan. Ada kalanya waktunya sangat singkat, ketika lokasi cukup luas dan rumit, maka bisa selesai satu hingga dua bulan. “Meski agak lama tidak jadi soal, yang penting hasilnya memuaskan. Selama ini belum pernah ada pemesan yang complain,” kata Herman.
Harga untuk membuat taman hias buatan sangat relatif. Menurut sang pemilik dikatakan tergantung luas dan tingkat kesulitannya. Taman hias buatan yang pernah dihasilkan rata-rata minimal Rp. 6 juta hingga 150 juta. Biasanya semua bahan disediakan oleh pemesan, seperti semen, batu, koral, dll. “Dari hasil membuat taman ini, saya bisa hidup mapan dan layak,” kata Herman sambil memberitahu kepada umum no kontak yang bisa dihubungi 0812 7846 7879. (cw5)