Dekatkan Diri dengan Masyarakat

Kodim 0409/RL Gelar Minggu Militer

Anggota Kodim 0409/Rejang Lebong saat menggelar karya bakti bersama masyarakat dalam kegiatan minggu militer di Desa Kampung Baru Jumat (26/1) kemarin.
Anggota Kodim 0409/Rejang Lebong saat menggelar karya bakti bersama masyarakat dalam kegiatan minggu militer di Desa Kampung Baru Jumat (26/1) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Guna untuk mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya di wilayah teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong. Kodim 0409/Rejang Lebong menggelar kegiatan minggu militer.

Menurut Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman melalui Kasdim 0409/Rejang Lebong, Mayor Arh Zaini Nurdin, kegiatan minggu militer ini baru dimulai pada tahun 2018 ini. Dimana kegiatan minggu militer tersebut dilaksanakan di seluruh jajaran TNI AD.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita ingin lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,” harap Mayor Zaini saat ditemui dalam kegiatan Karya Bakti TNI dalam kegiatan minggu militer di Desa Kampung Baru Kecamatan Selupu Rejang, Jumat (26/1) kemarin.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan nanti tidak ada jarak antara masyarakat dengan TNI sehingga terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat. Serta kegiatan yang dilaksanakan pada minggu terakhir setiap bulannya tersebut untuk menyegarkan anggota TNI AD khususnya di jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong dari aktivitas kemiliteran mereka sehari-hari.

“Kegiatan ini kita laksanakan diminggu terakhir setiap bulannya, dengan lokasi nanti berganti-ganti disetiap Koramil yang ada di jajaran kita,” tambah Kasdim.

Untuk pelaksanaan pertama, menurut pria yang pernah bertugas sebagai anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dilaksanakan di Koramil 409-05/Curup yang ada di Kelurahan Simpang Nangka. Kemudian untuk bulan Februari nanti akan dilaksanakan di Koramil 409-02/Tes dan bulan Maret akan dilaksanakan di Koramil 409-06/Kota Padang.

Untuk pelaksanaan di Koramil 409-05/Curup diawali dengan Salat Magrib berjamaah di masjid yang ada di Kelurahan Simpang Nangka pada Kamis (25/1) sore. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan nonton bersama masyarakat di halaman Makoramil 409-05/Curup sampai pukul 22.00 WIB. Kemudian acara dilanjutkan pada Jumat pagi kemarin dengan menggelar kegiatan Karya Bhakti yaitu membersihkan fasilitas umum bersama masyarakat. Fasilitas umum yang dibersihkan tersebut antara lain jalan desa dan Tempat Pemakaman Umum.

“Kalau film yang kita putar semalam (Kamis malam) adalah film-film perjuangan, seperti film Jendral Besar Sudirman dan film Indonesia Memanggil,” terang Zaini.

Dengan diputarnya kembali film-film perjuangan tersebut, pihaknya berharap bisa meningkatkan lagi semangat perjuangan masyarakat untuk membangun negara ini sehingga akan lebih maju lagi kedepannya.

“Untuk masyarakat yang ada disekitar Koramil Tes, yang mau mengikuti kegiatan minggu militer, nanti bisa langsung ke Koramil untuk nonton bersama,” ajak Kasdim. (251)