DD untuk Buka Jalan 12 Km

dana desa
Foto : ist

CURUP, Bengkulu Ekspress – Pembangunan fisik saat ini masih menjadi fokus aparat pemerintah desa dalam penggunaan Dana Desa (DD) di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Salah satunya pembukaan jalan seperti yang dilaksanakan oleh Desa Bandung Marga Kecamatan Bermani Ulu Raya.

“untuk penggunaan DD ada dua item yang kita lakukan yaitu pembukaan jalan dan penyertaan modal di BUMDes,” sampai Kepala Desa Bandung Marga, Drs Rahmat.

Dijelaskan Rahmat, panjang jalan yang akan mereka buka menggunakan dana desa tersebut sepanjang 12 KM meter yang melintasi tiga dusun di Desa Bandung Marga, yaitu Dusun I, II dan IV. Pembukaan jalan tersebut, diharapkan Rahmat bisa menjadikan masyarakat lebih produktif lagi. Karena menurut Rahmat jalan yang mereka buka tersebut akan melewati sejumlah lahan tidur milik masyarakat. Dengan adanya pembukaan jalan baru tersebut, maka ia berharap lahan-lahan tidur milik masyarakat tersebut bisa dimanfaatkan menjadi lahan produktif.



“Jalan yang kita buka ini banyak melewati lahan tak produktif yaitu lahan belukar, dengan adanya pembukaan jalan baru ini, diharapkan lahan-lahan belukar tersebut dijadikan kebun oleh pemiliknya,” papar Rahmat.

Total dana desa yang akan diterima Desa Bandung Marga pada tahun 2018 ini sebanyak Rp 920 juta. Dari total dana tersebut yang digunakan untuk penyertaan modal ke BUMDes sebesar Rp 150 juta sisanya digunakan untuk membuka jalan baru tersebut. “Untuk BMUDes yang kita miliki bergerak pada bidang usaha penjualan sarana produksi pertanian seperti pupuk dan kebutuhan pertanian lainnya,” terangnya.

Sementara itu, untuk anggaran dana desa yang akan diterima Desa Bandung Marga tahun 2018 ini akan digunakan untuk pembangunan balai desa dan penyediaan sarana air bersih untuk warga Desa Bandung Marga yang ada di Dusun III yang ada di Trans Tapak 35. “Untuk ADD yang kita terima tahun ini sebesar Rp 250 juta yang akan kita gunakan untuk membangun balai desa dan sarana air bersih di Dusun III,” demikian Rahmat.(251)