DD Tahap I Dicairkan

Ilustrasi Dana Desa
Ilustrasi Dana Desa

TAIS, Bengkulu Ekspress – Pada 2018 ini, sejumlah desa diberikan kemudahan dalam pencairan dana desa (DD) tahap I. Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) mencairkan DD tanpa harus menyelesaikan peraturan Bupati (Perbup) terkait penetapan besaran jumlah DD dan ADD untuk sejumlah desa di Kabupaten Seluma. Desa pun hanya peru melampirkan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) yang telah disepakati.

“Untuk Perbup masih dalam proses termasuk menentukan besaran DD setiap desanya,”tegas Kepala BPKD Seluma Deddy Ramdhani, SE MSE MA kepada wartawan.

Sejumlah kemudahan bagi desa terkait pencairan DD dan ADD, seperti desa hanya perlu untuk menyertakan APBDes yang sudah disahkan, kemudian peraturan bupati (Perbup) yang mengatur rinciannya selesai. Setelah itu langsung dikucurkan oleh BPKD Seluma ke rekening desa.

”Pada 2018 pencairan DD tetap dilakukan tiga kali dengan besaran berbeda,” katanya.

Tahap Pertama sebesar 20 Persen, tahap ke II sebesar 40 Persen dan tahap sebesar 40 persen juga. Dengan total anggaran yang disalurkan untuk Seluma Rp 126 miliar. Paling lambat DD tahap 1 dicairkan akhir Januari ini. Terhitung Februari nanti seluruh desa sudah bisa memulai pekerjaan di desa.

Kemudian untuk tahap ke II sendiri paling lambat dicairkan pada awal Juni mendatang. Setelah tahapan I dikucurkan dan direalisasikan ke pemerintah desa termasuk juga alokasi dana desa (ADD)-nya.

“Pada tahap II pencairan DD harus di sertakan realisasi DD dan ADD tahun sebelumnya yang sudah dikucurkan. Setelah mereka memberikan laporan penggunaan keuangan. Baru bisa diproses pencairan DD tahap ke II tahun 2018 sebesar 40 persen.”ujarnya.

Untuk DD sendiri disalurkan dengan total Rp 126 milliar. Sedangkan ADD sebesar Rp 50 milliar. Untuk saat ini berapa desa yang bakal mendapatkan kucuran diatas Rp 1milliar, masih dihitung oleh BPKD Seluma.(333)