DD Tahap Akhir 13 Desa di Bengkulu Selatan Terancam Hangus

Lismanto Bayu SE

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Hingga kemarin, dari 142 desa se Bengkulu Selatan (BS), tercatat masih ada belasan desa lagi yang belum selesai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa. Jika hingga akhir tahun belum juga tuntas salurkan BLT DD, maka mereka tidak bisa mencairkan DD tahap akhir. Sehingga DD tahap akhir desa-desa tersebut terancam hangus.

“Masih ada 13 desa lagi yang belum selesai salurkan BLT DD, kalau tidak selesai maka DD tahap akhir bisa hangus,” kata kepala BPKAD BS, Lismanto Bayu SE.

Dikatakan Lismanto, ke – 13 desa tersebut yakni Desa Gunung Kayo, Kuripan, Beringin Datar, Kota Agung, Kota Padang, Karang Cayo, Muara Pulutan, Nanjungan Pino Raya, Padang Beriang, Padang Lebar, Padang Niur Kota Manna, Serang Bulan dan Tungkal I. Dengan belum tuntasnya menyalurkan BLT DD, maka ke-13 desa tersebut belum bisa mengajukan permohonan pencairan DD tahap ke-3 atau tahap akhir. Pasalnya syarat pencairan DD tahap tiga Pemdes wajib telah menyalurkan BLT DD minimal BLT telah dicairkan minimal tiga kali atau tiga tahap.

“Kalau mau menyajukan pencairan DD tahap terakhir, selesaikan dahulu pencairan BLT DD nya,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Lismanto Bayu, jika ke-13 desa tersebut mau mencairkan DD tahap terakhir, maka segeralah selesaikan pencairan BLT DD nya. Setelah itu kami akan menerima berkas pengajuan pencairan dari desa tersebut. Setelah berkas lengkap, maka pencairannya bisa diproses di KPPN Manna.

“Selesaikan dahulu penyaluran BLT DD, setelah itu baru bisa kami proses pencairan DD tahap akhir,” tandas Lismanto Bayu. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*