DD Tahap 3 Cair

H Sepuan Yunir
H Sepuan Yunir S Sos MSi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Badan Pengelolaan keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Selatan (BS), H Sepuan Yunir S Sos MSi melalui Sekretarisnya, Decky Zulkarnaen S Sos mengatakan, dana desa (DD) dari 142 desa se Bengkulu Selatan semuanya sudah cair. Saat ini pihaknya siap menyalurkan DD tahap ke-3. “ Untuk DD tahap ke-3 siap dicairkan,” katanya.

DD tahap ke-3 ini, sambung Decky sudah sebagian desa yang mengajukan. Bahkan sudah ada 40 desa yang mengajukan. Sehingga setelah laporan realisasi DD tahap dua selesai diperiksa, pihaknya siap menyalurkan DD tahap ke-3.

“ Ada 40 desa yang siap cair DD tahap ke-3 saat ini,” ujarnya.

Adapun proses pencairan DD tahap ke-3 ini terang Decky, masing-masing desa menyampaikan laporan kegiatan DD tahap kedua sebelumnya, kemudian diverifikasi, setelah dinyatakan lengkap, pihaknya memproses pencairan DD tahap ke-3. Oleh karena itu, Decky mengimbau para kades dan perangkatnya agar segera menyampaikan laporan realisasi DD tahap ke-2. Agar pihaknya dapat menyalurkan DD tahap ke-3. “ Semakin cepat menyampaikan laporan kegiatan, semakin cepat pula DD kami salurkan,” imbuhnya.



Dengan besarnya DD masing-masing desa saat ini hingga mencapai Rp 1 M, Decky mengimbau agar kades dan perangkatnya dalam menggunakan dana tersebut sesuai petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis. Dirinya berharap, agar ke depan tidak ada lagi kades di BS tersandung masalah hukum lantaran salah kelola DD. “Silahkan gunakan DD sesuai juklak dan juknis, jangan sampai salah kelola, sebab bisa beakhir di balik jeruji besi,” tutup Decky. (369)