DD RGM II Diaudit

Warga Desa RGM II Kecamatan Semidang Alas (SA), saat demo dan pertemuan di kantor Bupati Seluma, Senin (22/1).
Warga Desa RGM II Kecamatan Semidang Alas (SA), saat demo dan pertemuan di kantor Bupati Seluma, Senin (22/1).

SEMIDANG ALAS, Bengkulu Ekapress – Paska mendapatkan masukan dan laporan secara resmi terkait tidak transparannya penggunaan dana desa di Desa di Desa RGM II Kecamatan Semidang Alas (SA), saat demo warga di Kantor Bupati Seluma, Senin (22/1). Saat ini Pemkab Seluma, sudah memerintahkan Inspektorat turun untuk mengaudit penggunaan anggaran DD di Desa RGM II. Terutama untuk pembukaan ruas jalan baru sepanjang 3,6 KM dengan anggaran Rp 510 juta seperti yang dilaporkan BPD RGM II.

“Inspektorat sudah diperintahkan mengaudit laporan dan keluhan dari masyarakat,” ujar Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Mirin Ajib SH.MH kepada Bengkulu Ekspress kemarin (23/1).

Seluruh masukan dan tuntutan yang disampaikan masyarakat Desa RGM II menjadi pertimbangan dan catatan dalam pengambilan kebijakan atas jabatan sang Kades. Saat ini, Pemkab Seluma, masih melihat perkembangan di lapangan. Karena dalam SK Pemberhentian sementara dijelaskan, jika yang bersangkutan terlibat tindak pidana langsung diberhentikan secara permamen dari jabatannya sebagai kepala desa.

Diketahui, dalam keluhan warga yang juga Ketua BPD RGM II Mahidin, pembangunan tersebut tidak selesai. Selain itu, penggunaan anggarannya juga tidak dilaporkan secara jelas kepada masyarakat dan perangkat Desa RGM II. Jika hasil audit ditemukan adanya dugaan penyimpangan dana, maka Pemkab Seluma mempertimbangkan kembali pengaktifan Kades RGM II.

“Jika ada dugaan penyimpangan penggunaan anggarannnya jelas hal itu pidana, maka kami pertimbangkan kembali untuk mengaktifkan Kades tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat Desa RGM II Diim (39) mengatakan, saat ini oknum kades mereka masih berada di RGM II. Warga RGM II sepakat dan meminta agar oknum kades mereka ini diberhentikan secara permanen. Kemudian segera dilakukan pilkades ulang untuk memilih kades yang baru. Seperti diketahui, Apendri Kades RGM II terlibat dalam video asusila yang sempat vira. Bersama dengan tiga orang wanita dan Kades Kayu Elang, serta Kades Muara II Semidang Alas. (333)