DD Majukan Desa

Kades Selagan Jaya ketika menunjukan salah satu pembangunan yang menggunakan dana desa
TUNJUKAN: Kades Selagan Jaya ketika menunjukan salah satu pembangunan yang menggunakan dana desa (DD).

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Alokasi Dana Desa (DD) yang di plotkan pemerintah sejak beberapa tahun terakhir, sangat besar manfaatnya baik itu untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan mulai di tingkat desa. Salah satunya dirasakan masyarakat di Desa Selagan Jaya Kecamatan Kota Mukomuko.

“Banyak manfaat yang dirasakan masyarakat desa kami,”aku Kades Selagan Jaya, Sumanto kepada Bengkulu Ekspress,kemarin (11/9). Dana desa digunakan mulai dari pembangunan fisik,pembinaan dan pemberdayaan masyarakat serta penyelenggaraan pemerintahan desa.

Ia mencontohkan dana desa tahun 2018 ini, di desanya menggunakan anggaran itu untuk pembangunan Posyandu lanjut usia (Lansia). Gedung itu nantinya sangat bermanfaat dalam memberikan pelayanan kesehatan terpadu bagi msayarakat di desa tersebut khususnya lansia.

Pembangunan drainase. Kegiatan fisik itu diperuntukan di lokasi perkebunan masyarakat yang gambut. Sehingga dengan dibangunnya drainase, lahan gambut itu nantinya aliran pengairannya lancar dan tanaman perkebunan seperti sawit milik masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik dan maksimal. Termasuk saat ini juga tengah melakukan pembukaan badan Jalan Usaha Tani (JUT).



Program dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan serta peningkatan perekonomian masyarakat,kata Sumanto, pihaknya bekerjasama dengan pihak-pihak terkait dan dalam penggunaan anggaran itu sesuai dengan peraturan yang berlaku.”Semua kegiatan fisik dan non fisik kami jalankan dan tetap berpedoman dengan peraturan yang berlaku,”katanya.

Dari seluruh dana desa yang ada, skala prioritas dan anggaran yang paling besar adalah untuk pembangunan fisik yang mencapai 60 persen. Pembangunan demi pembangunan ini merupakan berdasarkan usulan atau aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Ia mengharapkan, DD tetap berkesinambungan. Sehingga pembangunan demi pembangunan lebih maju, cepat berkembang dan perekonomian masyarakat akan semakin baik.(900)