DD Fokus Pemberdayaan Masyarakat

APRIZAL/Bengkulu Ekspress
Kemendes PDTT, Eko Putro Sandjojo saat menyampaikan kata sambutannya kepada masyarakat Bengkulu Utara, kemarin (6/2).

PADANG JAYA, Bengkulu Ekspress- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bengkulu Utara, kemarin (6/2).

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Balai Pengkajian dan Penerapan Teknik Produksi (BP2TP) Bengkulu di Desa Marga Sakti Kecamatan Padang Jaya tersebut, eko menegaskan tahun 2019 ini pihaknya berharap dana desa difokuskan pada pemberdayaan masyarakat.

“Dari tahun 2015 hingga 2018 pembangunan infrastruktur mencapai 1.191.600 kilometer jalan desa. Di tahun 2019 ini kami berharap Dana Desa mengerucut pada pemberdayaan masyarakat desa,” kata Kemendes PDTT, Eko Putro Sandjojo.

Ia menambahkan, selain mengeliatnya roda perekonomian masyarakat serta program pemberdayaan masyakarat, DD juga diharapkan mampu menekan angka kemiskinan. dari data Badan Pusat Statistik, angka kemiskinan Kabupaten Bengkulu Utara menurun di tahun 2018.



“Angka kemiskinan saat ini jauh menurun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2016, angka kemiskinan Kabupaten Bengkulu Utara berada pada posisi 13,67 %, tahun 2017 menurun menjadi 13,11 %, dan di tahun 2018 turun menjadi 11,81 %,” ujarnya.  Dengan jargon “Desa Kuat Negara Hebat” pihaknya berharap Pemerintah Desa mengelola Dana Desa yang dikucurkan dengan arif sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Perkuat Badan Usaha Milik Desa merupakan salah satu langkah guna menciptakan kemandirian setiap desa.

Selain mengelar tanya jawab, pada kesempatan yang sama, Mendes juga menyalurkan bibit ikan patin, Kredit Usaha Rakyat, memberikan bantuan pengembangan ekonomi perdesaan, saranan dan prasarana perdesaan serta bantuan sarana dan prasarana pada bidang perikanan.

Selain Dirjen Kemendes, kunjungan kerja kali ini juga dihadiri oleh Bupati Bengkulu Utara, Wakil Bupati Bengkulu Utara, FKPD dan SKPD se- Kabupaten Bengkulu Utara perangkat desa dan ribuan masyarakat Bengkulu Utara.(127)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*