DD Digunakan Bangun BUMDes

bangunan (1)
ERICK/Bengkulu Ekspress
BANGUN : Pembangunan gedung BUMDes Desa Gandung Baru yang sat ini masih berjalan untuk dijadikan pabrik pembuatan air mineral kemasan.

Buat Usaha Air Kemasan

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Bantuan Dana Desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat, sangat bermanfaat dan membantu masyarakat desa. Seperti di Desa Gadung Baru Kecamatan Lebong Utara, DD yang didapat di tahun 2018 ini, dipergunakan untuk membuat atau membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yaitu memanfaatkan sumber mata air untuk dijadikan air minum mineral kemasan.

Kepala Desa (Kades) Gandung Baru, Kardimin, mengatakan bahwa memang untuk tahun 2018 ini pihaknya memfokuskan bidang BUMDes yaitu membuat air minum kemasan. Dimana saat ini setiap desa diwajibkan membuat produk unggulan dari masing-masing desa.

“Namun untuk produk unggulan Desa Gandung Baru tidak ada kecuali memiliki banyak sumber mata air, untuk itulah kami berfikir bagaimana air itu dijadikan suatu produk unggulanm” jelasnya, kepada Bengkulu Ekspress kemarin (13/09).

Ditambahkan Kardimin, dalam pembuatan air mineral kemasan sendiri, di Kabupaten Lebong baru Desa Gandung Baru yang akan membuat, sehingga sangat berharap kedepan bisa berjalan dengan lancar. “Kita memiliki potensi maka kenapa tidak kita manfaatkan,” ujarnya.

Dibangunnya BUMDes antinya dapat memberikan tambahan di bidang Pendapatan Asli Desa dan juga memberikan penghasilan bagi warga setempat, hal ini dikarenakan untuk karyawannya nanti akan diambil warga Desa Gandung Baru itu sendiri.

“Kita utamakan yang bekerja warga yang masuk di Rumah Tangga Miskin (RTM),” ucap Kardimin yang telah dua priode dipercaya masyarakatnya untuk menjadi Kades.

Untuk membangun BUMDes membuat air mineral kemasan, sudah direncanakan sejak tahun 2017 yang lalu dengan meminta kepada pihak Sucofindo untuk melakukan uji air baku dari sumber mata air yang ada di Desa Gandung Baru, dimana didapat ecolin hanya 2 dan PH air 6,9.“Hasil analisa pihak Sucofindo airnya bagus untuk dijadikan air mineral kemasan,” sampainya.



Selanjutnya untuk mewujudkan hal tersebut, ditahun 2018 ini dilakukan pembangunan gedung yang menelan biaya sebesar Rp 484 juta lebih, dengan luas 10 meter x 20 meter dan tinggi 6 meter. “Selanjutnya di tahun 2019 mendatang akan membeli mesin pengemasan air minum mineral,” ujarnya.

Dengan adanya DD bantuan dari pemerintah ini, Kardimin mengatakan bahwa sangat membantu desa, untuk melaksanakan pembangunan. apalagi Desa Gandung Baru merupakan desa pemekaran . Untuk itulah selain membnagun BUMDes, di tahun 2018 ini juga akan dilaksanakan pembangunan saluran irigasi di perbatasan Desa gaundung Baru dan Desa Gandung.“Dana pembuatan sekitar Rp 170 juta,” terangnya.

DD sendiri mulai digelontorkan pemerintah pusat sejak tahun 2015 yang lalu, untuk itulah ditahun pertama penerimaan DD, Pemerintah Desa (Pemdes) Gandung Baru memfokuskan untuk pembangunan saluran irigasi, selanjutnay ditahun selanjutnya melakukan pembangunan jalan.“Alhamdulillah saat ini Desa kami sudah banyak perubahan dari sebelumnya,” tutupnya.(614)