DD di Benteng Fokus untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

BENTENG,bengkuluekspress.com – Regulasi penggunaan dana desa (DD) tahun 2021 tak lagi dititik beratkan ke pembangunan fisik atau infrastruktur.
Pemerintah pusat memberi kesempatan bagi pemerintah desa agar merealisasikan DD fokus ke pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.
Setiap desa diminta untuk menggali potensi di wilayah masing-masing agar bisa memberi manfaat jangka panjang. Seperti pengembangan kawasan wisata, ekonomi kreatif ataupun kegiatan lainnya.
“Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan badan usaha milik desa (BUMDes). Dari semua BUMDes, beberapa sudah maju dan bisa menjadi percontohan. Seperti BUMDes di Desa Bukit, Desa Rindu Hati, Talang Pauh dan BUMDes di Desa Pekik Nyaring,” kata Kepala DPMD Benteng Drs Tomi Marisi MSi melalui Kabid Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat, Debby Septika SSTP MSi.

Sejauh ini, aku Deby, beberapa Kades sudah berkonsultasi dan meminta agar diberi pendampingan terhadap rencana penyertaaan modal terhadap BUMDes.
Bahkan, salah satu desa, yaitu Desa Bukit, Kecamatan Semidang Lagan berencana mengalokasikan 50 DD untuk BUMDes.
Menindaklanjuti hal itu, DPMD Benteng akan bekerjasama dengan Universitas ternama di Provinsi Bengku agar pengembangan BUMDes lebih optimal.
“Pemda Benteng sudah ada MoU dengan beberapa Universitas untuk mengembankan BUMDes. Sehingga, mereka tak salah dalam membuat anisa managemen keuangan BUMDes, “pungkas Debby. (135)