DD 11 Desa Disalurkan Hari Ini Tunjangan Kades Naik

Foto : Kepala DPMD Benteng, Yulia Faridah MSi

BENGKULU TENGAH, BENGKULU EKSPRESS – Penyaluran dana desa (DD) tahap I 2019 di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dalam waktu dekat akan terealisasi. Bahkan, 11 desa yang ada di Kabupaten Benteng sudah melengkapi syarat dan akan menerima suntikan DD.

“Dari 142 desa penerima DD, 11 desa sudah melengkapi syarat pencairan DD tahap I,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Benteng, Dra Yulia Faridah MSi didampingi Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes), Edi Susila SSTP MSi, kemarin (9/5).

Dijelaskan Edi, 11 desa tersebut saat ini sudah menyampaikan usulan pencairan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng. “Dari hasil koordinasi dengan BKD Benteng, tak ada lagi kendala. Semua syarat telah lengkap,” kata Yulia.

Secara teknis, penyaluran DD tahap I tak begitu sulit. Masing-masing desa harus menyelesaikan dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2019 dengan mempedomani aturan yang berlaku. Dimulai dari Perbup Pengelolaan Keuangan Desa, Perbup Kewenangan Desa, Perbup evaluasi Camat serta SK SBU desa. “Semua Perbup serta SK SBU sudah dibagikan ke Camat sebelum diperbanyak. Silahkan berkoordinasi dengan masing-masing Camat. Sehingga, syarat penyaluran DD bisa diselesaikan,” tambahnya.

Ditanya mengenai tunjangan Kepala Desa (Kades), Yulia menegaskan bahwa terjadi kenaikan. Jika sebelumnya hanya Rp 540 ribu atau setara dengan pejabat eselon IV, tahun 2019 ini tunjangan Kades naik hampir 2 kali lipat, yakni diangka Rp 1 juta.

“SK tunjangan Kades sudah berada di meja Bupati dan akan segera ditandatangani. Meski begitu, kenaikan tunjangan juga sudah diinformasikan ke semua Kades. Tak ada lagi kendala,” terangnya.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKD Kabupaten Benteng, Welldo Kurniyanto SE MM, melalui Kabid Anggaran, Ade Christanto SSTP menegaskan, pihaknya sudah melakukan verifikasi terhadap kelengkapan administrasi pencarian DD di 11 desa. “Khusus 11 desa yang sudah mengajukan usulan, Insya Allah paling lambat DD sudah ditransfer besok (hari ini,red). Target kami, hari ini (kemarin,red) sudah selesai,” demikian Ade.(135)