Daya Tampung SMA/SMK 36 Ribu

Jalur Prestasi Hanya Pilih Satu Sekolah

BENGKULU, bengkuluekspress.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu masih menghitung jumlah daya tampung kuota siswa SMA/SMK pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan data sementara kuota daya tampung SMA/SMK tahun ini sebanyak 36.540 jumlah ini lebih rendah dari tahun lalu sebanyak 39.928 kuota siswa SMA/SMK.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs Eri Yulian Hidayat melalui kepala Bidang Pembinaan SMA yang juga koordinator PPDB tahun 2020/2021, Zahirman Aidi MTPd menuturkan data sementara ini masih terus difinalisasikan. Dari 36.540 tersebut rincianya daya tampung kuota SMK sebanyak 14.486 dan daya tampung kuota SMA lebih banyak yaitu 22.054 siswa.

Finalisasi data tersebut telah disampaikan melalui sosialisasi secara virtual bersama kepala Cabang Dinas (Cabdin)Dinas Disdikbud kabupaten/kota beserta ketua MKKS se-provinsi Bengkulu untuk disempurnakan. Dikatakan Zahirman, sosialisasi itu selain pemaparan peraturan gubernur, Petunjuk tehnis juga termasuk finalisasi kesiapan pelaksanaan PPDB, seperti jadwal pelaksanaan, alur pendaftaran hingga daya tampung. Jadwal pelaksanaan PPDB akan dimulai 22 Juni hingga 4 Juli 2020, dengan empat jalur yaitu jalur prestasi, Jalur Afirmasi,Jalur Pindah tugas orang tua serta jalur zonasi.

“Kita sudah sepakat pelaksanaan PPDB dilakukan dengan dua sistem yaitu daring/ Online dan Luring/Offline, ” katanya.

Pelaksanaan PPDB secara luring/offline masih digunakan dikarenakan tidak semua kawasan satuan pendidikan terakses dengan jaringan internet.

“Sekolah mana saja yang belum terakses internet masih diminta untuk melaporkan, seperti Kaur, Bengkulu Utara dan rencananya besok akan difinalisasikan, ” bebernya.

Sementara pelaksanaan PPDB online, Disdikbud pun telah mempersiapkan IT agar tidak ada gangguan selama proses PPDB online berlangsung, dengan melibatkan pihak lain yang memiliki kompeten pada bidang IT. “IT nya sudah siap, ada dua situs yang akan digunakan baik untuk SMA maupun kejuruan,” tegasnya.

Ditegah pandemi covid-19, pelaksanaan PPDB SMA/SMK diminta tetap mengikuti anjuran protokol covid-19, sehingga tidak ada siswa/siswi, walimurid yang berkerumun di sekolah. Karena semua aktifitas telah dialukan secara online, dan sekolah yang offline tetap menjaga jarak, dan menyediakan tempat cuci tangan.

Pendaftaran PPDB secara online maka akan dibuka website pendaftaran, diawali dengan pembukaan PPDB jalur prestasi. Siswa/siswi yang akan masuk di jalur ini walau diberikan bebas memilih sekolah namun ia tetap dibatasi untuk pilihanya tidak lebih dari satu sekolah. Khusus Prestasi siswa akan mendapatkan tambahan nilai, kemudian semua pendaftaran dilakukan secara online dengan begitu persyaratan itu harus diupload beserta Kartu Keluarga.

“Jalur prestasi ini siswa hanya boleh memilih satu sekolah, begitu mendaftar maka sistem akan langsung mengunci dan tidak bisa mendaftar ke sekolah lain, karena jika dibiarkan bebas memilih sekolah sasaran akan mengurangi daya tampung siswa lain, jika tidak lolos di jalur prestasi bisa mendaftar ke jalur zonasi, ” cetusnya.

Ia mengimbau pada sekolah untuk lebih cermat dalam verifikasi berkas tersebut, pasalnya jika ditemukan berkas yang ilegal maka siswa akan digugurkan. Zahirman mengajak masyarakat Bengkulu untuk mengawal proses PPDB tersebut, supaya berjalan dengan bagus dan tidak melanggar protokol kesehatan Covid-19, tutupnya. (247)

Daya Tampung Kuota PPDB Sementara

Wilayah SMA SMK
Kota Bengkulu 4.776 2.892
Bengkulu Utara 2.788 2.276
Rejang Lebong 2.686 2.788
Bengkulu Selatan 2.550 1.190
Seluma 1.938 918
Kaur 1.428 918
Mukomuko 2.080 954
Lebong 918 1.020
Kepahiang 1.496 1.326
Benteng 1.394 544
Jumlah 22.054 14.826