David Silva Gelar Ultah Sederhana

david-silva-ultahLumrah para pesepakbola profesional di Eropa merayakan ulang tahunnya dengan gegap gempita alias mewah dan berfoya-foya. Tapi, lain halnya dengan bintang Manchester City, David Silva. Punggawa Timnas Spanyol ini merayakan hari ulang tahunnya dengan penuh kesederhaaan, jauh dari kemewahan.

Pada Selasa (8/1) mantan pemain Valencia tersebut genap berusia 27 tahun. Untuk merayakannya, Silva tak mau muluk-muluk. Ia memperingati hari ulang tahunnya dengan sederhana, sebuah kue dengan dua buah lilin berangka 27, dan duduk di sofa di rumahnya. Tak ada pesta mewah nan gemerlap.

Silva merayakan ulang tahun dengan keluarganya saja tanpa mengundang rekan-rekan sepakbolanya yang lain. Playmaker asal Spanyol tersebut pindah ke City dari Valencia dengan banderol 28,8 juta euro atau setara dengan Rp 368 miliar pada tahun 2010. Dia juga berperan ketika City berhasil meraih gelar Liga Premier musim 2011/2012.

Harapan Silva di hari ulang tahunnya yang ke-27 adalah timnya dapat terus bersaing dengan pemuncak klasemen sementara Manchester United. Ujian pertama bagi Silva pasca-perayaan hari ulang tahunnya adalah mengatasi tantangan tuan rumah Arsenal di Emirates Stadium pada Minggu (13/1) malam WIB. Apabila dapat memenangkan pertandingan maka City dapat terus mengejar MU. Sebaliknya, jika kalah, perjalanan untuk mempertahankan gelar semakin terasa sulit.

Sejauh ini, pemain yang bernama lengkap David Josue Jimenez Silva tersebut telah membantu timnas Spanyol meraih dua gelar Piala Eropa tahun 2008 dan 2012 hingga Piala Dunia tahun 2010. Saat ini, dia telah mencetak 11 gol dari 88 pertandingan bersama City. Di level timnas dia telah mencapai 69 caps dengan berkontribusi 18 gol.(**)