David Moyes Resmi Latih MU

fergie_moyesMANCHESTER- David Moyes akhirnya resmi berstatus sebagai pelatih Manchester United. Tim berjuluk Setan Merah tersebut baru saja mengumumkan suksesi tersebut lewat situs resminya. Menurut rencana, Moyes akan mulai memegang kendali tim pada 1 Juli mendatang.

Mantan pelatih Everton tersebut akan dikontrak dalam durasi yang lama. Yakni enam tahun.

Dalam sambutannya, Sir Alex Ferguson menjelaskan alasan pemilihan mantan pelatih Everton tersebut. Menurut Fergie, sapaan karib Ferguson, Moyes merupakan sosok yang tepat untuk melanjutkan sukses yang sudah diretasnya di Setan Merah.

“Ketika kami berdiskusi tentang kandidat pelatih, kami merasa tak ragu lagi untuk menunjuk Moyes. Dia adalah sosok yang memiliki integritas tinggi dengan etos kerja yang luar biasa,” terang Ferguson seperti dilansir situs resmi MU.

Pria asal Skotlandia tersebut juga mengaku sangat mengagumi Moyes. Menurut pelatih berusia 71 tahun itu, dirinya sudah mencoba untuk mengkader Moyes. Pada 1998 silam, Fergie sudah berupaya untuk meminang Moyes sebagai asisten pelatihnya.

Sayang, upayanya gagal. Moyes tak menerima pinangan itu. Pada 2002, Moyes bahkan menjadi “musuh” Fergie. Itu terjadi setelah dirinya mengambil alih posisi pelatih di Everton. Kedua pelatih itupun harus terlibat persaingan untuk memenangkan timnya masing-masing.

“Dia adalah sosok yang masih muda. Dia melakukan sesuatu yang luar biasa di Everton. Tidak ada pertanyaan lagi. Dia memiliki kualitas yang kami harapkan untuk menangani tim ini,” tambah mantan pelatih Aberdeen tersebut.

Moyes memang menjadi kandidat terkuat untuk melatih MU mulai musim mendatang. Kepiawaiannya meracik Everton yang dihuni pemain medioker menjadi tim yang cukup disegani membuat manajemen MU kesengsem.(jos/jpnn)