Datangi Kantor Bupati Kaur, Warga Jawi Desak PSU

DATANGI: Perwakilan warga Desa Jawi saat mendatangi Kantor Bupati Kaur dan menyampaikan orasinya ke Pemda terkait dengan PSU kepada Bupati, Rabu (16/3).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Puluhan warga Desa Jawi Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur, Selasa (16/3) pagi mendatangi Kantor Bupati Kaur. Kedatangan warga ini mendesak agar panitia Pilkades tingkat kabupaten menyampaikan rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) kepada Bupati Kaur.

“Kami meminta sesuai regulasi Perbup, dimana dalam Perbup dijelaskan bila terjadi suara sama, maka dilakukan pemungutan suara ulang (PSU). Kami minta opsi ini dilaksanakan dalam Pilkades Jawi ini,” kata Aprin Taskan Yanto selaku juru bicara warga Jawi saat menggelar pertemuan dengan pihak terkait di ruang Asisten 1 Pemda Kaur, Selasa (16/3).

Sementara itu, dalam pertemuan singkat itu Plt Asisten 1 Robi Antomi SPi menyampaikan, dalam sengketa Pilkades Desa Jawi itu pihaknya sudah memanggangil pihak-pihak terkait selama beberapa kali. Hasilnya panitia Pilkades mengakui penghitungan suara tidak sesuai Perbup. Hal ini sebagai acuan mereka kesepakatan panitia dengan Cakades.

Terkait hal ini sudah dituangkan dalam pertimbangan pertimbangan pihak panitia Pilkades tingkat kabupaten. Namun hingga kini belum diputuskan apakah akan dilakukan PSU atau akan membuka kotak suara dan dilakukan penghitungan sesuai Perbup.

“Kita sudah sampaikan rekomendasi dan pertimbangan pertimbangan itu ke bupati, selanjutnya kewenangan bupati nanti yang akan memutuskan dan nanti keputusan Bapak Bupati ini akan kita sampaikan ke panitia Pilkades apakah hasilnya nanti,” tandasnya.

Sebagaimana hasil Pilkades pada 28 Februari, ada 4 desa yang ditetapkan memiliki perolehan suara sama atau draw. yakni Desa Datar Lebar 1 Lungkang Kule, Desa Durian Besar Kecamatan Luas, Desa Jawi Kecamatan Kinal dan Desa Suka Merindu Kecamatan Semidang Gumay. Khusus untuk Pilkades Jawi, Yendra Haito dan Cakades nomor urut 3, Didi Haryanto, sama-sama meraih 147 suara. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*