Data Warga Miskin Diverval

Badan Pusat Statistik Kabupaten Seluma
Badan Pusat Statistik Kabupaten Seluma

 

TAIS, Bengkulu Ekspress – Berdasarkan data pada 2015, di Kabupaten Seluma, terdapat sebanyak 85 ribu warga miskin. Setelah dua tahun berlalu, pada 2018 ini Dinas Sosial Kabupaten Seluma, segera melakukan Verifikasi dan Validasi (Verval) data jumlah masyarakat miskin kembali.

“Data 2015 tersebut belum diverval, tahun ini baru dilakukan dengan harapan jumlah warga miskin berkurang dan datanya tepat,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Seluma, Drs. Julian Zuherwan, M.Si didampingi Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial, Herman Susanto, S.Sos kepada Bengkulu Ekspress kemarin (1/10).

Data warga miskin tersebut dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Seluma, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupateb Seluma, serta Kementerian Sosial. Jumlah warga miskin tersebut belum semuanya mendapatkan program bantuan sosial.

Pemberian bantuan pada warga miskin saat masih menggunakan Basic Data Terpadu (BSD), 2015. Sekarang ini jumlah warga miskin yang berhak menerima bantuan diperkirakan berkurang. Mengingat ada warga yang sudah sejahtera. Sehingga mengurangi angka jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Seluma. Dari jumlah masyarakat miskin yang terdaftar saat ini sebanyak 85 ribu, baru 12 ribu yang mendapatkan program bantuan sosial.

“Verval masyarakat miskin sendiri ada 19 kriteria,” katanya.
Indikator verval diantaranya, tempat tinggal, kemudian pendidikan, jumlah anak, serta indikator lainnya. Selain itu, ada anak usia sekolah, ada ibu hamil, kemudian ada lansia, serta penyandang diasbilitas. Untuk menyukseskan pelaksanaan verval telah dianggarkan sekitar Rp. 450 Juta dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD). Verval dilakukan dengan melibatkan Desa, Kelurahan, Kecamatan, serta Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), dan Tagana. (333)