Data Kependudukan di Bengkulu Utara Bisa Diurus Kolektif di Desa

APRIZAL/BE
Pelayanan di Disdukcapil BU memberikan kemudahan kepada masyarakat

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Demi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan kepengurusan data kependudukan,Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) terus berupaya melakukan perbaikan dan pengembangan inovasi. Selain berusaha melakukan pelayanan secara digital, pihkanya juga telah menginstruksikan pihak desa untuk melakukan pelayanan kolektif untuk data kependudukan, yang berlaku untuk pembuatan akte lahir, kematian, KK dan data kependudukan lainnya yang sudah menggunakan TTE.
Plt Kadis Dukcapil BU, Ewi Marlinda SKM mengatakan, bahwa cara ini sebenarnya sudah lama dilakukan oleh pihaknya, bahkan saat ini semua dokumen kependudukan yang sudah menggunakan layanan TTE bisa langsung dicetak menggunakan kertas HVS 80 gram. Terkecuali untuk layanan E-KTP dan KIA, karena memang ada proses perekaman dan juga blanko yang berbeda dengan dokumen kependudukan lainnya.
“Ya inovasi ini kita lakukan agar setidaknya pihak desa bisa mengkoordinir warganya yang ingin melakukan pencatatan dokumen kependudukan dan nantinya proses bisa dilakukan secara online dari Disdukcapil BU sendiri. Hal ini kita lakukan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan urusan data kependudukan,”kata Elwi.

Selain itu, Elwi juga menyampaikan, program lainnya yakni kado pernikahan, dimana program tersebut yang dicanangkan oleh Disdukcapil bersama Kemenag BU, bagi pasangan pengantin akan mendapatkan dokumen kependudukan berupa E-KTP baru untuk kedua mempelai dan 3 Kartu Keluarga (KK) yang akan diberikan untuk mempelai pengantin dan orang tua masing-masing mempelai.
“Untuk program kado pernikahan ini tetap berlanjut. Semua program yang dicanangkan ini bertujuan agar mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan data kependudukan,”tukasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*